STAIN Kudus Gelar Ngaji Sastra

Kudus, NU Online. Dalam rangka dies natalies ke-XIV. Sekolah Tinggi Negeri Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Paradigma mengadakan bedah cerpen pemenang lomba cipta cerpen, senin (11/4). Bedah cerpen yang bertajuk “Ngaji Sastra Jilid 6; Pendidikan Karakter Berbasis Sastra” ini diselenggarakan di gedung baru PKM Kampus timur STAIN Kudus dengan jumlah peserta sebanyak 35 pelajar SLTA se Karesidenan Pati.

Cerpenis dari LPM Paradigma Widi Muryono menjelaskan karya sastra secara unik memiliki nilai edukatif yang dapat membangun karakter pembaca. “Sebagian besar isi Al-Qur’an memuat narasi cerita, sedangkan nabi memiliki misi profetik membangun karakter ummat. Ini menandakan adanya misi besar pendidikan karakter berbasis sastra qurani,” ujarnya, Senin (11/4).

Kekuatan sastra dalam membangun karakter, lanjutnya, terdapat pada unsur intrinsik dalam karya sastra. Penokohan di antaranya, dapat diarahkan untuk membangun modeling bagi pembaca.

“Orang cenderung menirukan tingkah laku peran. Contoh penokohan yang inspiratif dalam karya sastra berpeluang menjadi modeling bagi pembacanya,” imbuh mahasiswa STAIN ini.

Dalam kesempatan tersebut cerpenis senior asal Kudus MM Boernomo yang hadir memberikan pencerahan kepada peserta yang sebagian besar pelajar SLTA. Kepada peserta ia menjelaskan, sastra adalah modal intelektual yang unik untuk membangun mentalitas masyarakat.

“Karya sastra memiliki kekuatan memori dan akan dapat mempengaruhi pola pokir pembacanya. Dari situlah karya sastra memiliki pengikut. karya sastra yang tidak mampu menghadirkan pelajaran bagi pembaca, adalah karya yang gagal,” ujarnya.

Di akhir penghujung acara, Boernomo banyak memberikan tips menulis cerpen pada peserta yang sebagian besar pelajar se Karesidenan Pati itu. “Melalui acara diharapkan muncul generasi pembangun gairah sastra yang semakin pudar,” harapnya

Sebagai rangkaian acara dies natalis STAIN Kudus ini, peserta yang dinobatkan memperoleh juara satu Eva Anis Shofiah dari SMA N 1 Kembang dengan judul “Maha Guru”, juara dua Vina Himmatul Ulya dari MA Salfiyah Pati dengan judul “Bongkahan Mahkota Manira” dan juara tiga Syarifuddin Fahmi dari MA TBS Kudus dengan Judul Fiksi. Masing-masing juara memperoleh uang pembinaan dan piagam penghargaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)