Astanu Gelar Syukuran Panen Pertama di Kudus

Kudus – Sebagai wujud panen perdana padi organik di desa Undaan Tengah kabupaten Demak Asosiasi Tani Nusantara (Astanu) mengadakan tasyakuran dan doa bersama bertempat di gedung Jamiiyyatul Hujjaj Kudus (JHK), Jum’at (15/2).

Atas nama prakata panitia, KH Adib Khoiruz Zaman mengatakan kegiatan merupakan bentuk limpahan tiada tara yang diberikan oleh Allah SWT.

“Panen perdana padi organik di Undaan Demak merupakan anugerah yang patut kami syukuri,” kata Gus Adib, sapaan akrabnya.

Dalam beberapa hari pihaknya menyelenggarakan penyuluhan pengetahuan pertanian yang hasilnya nanti juga dinikmati oleh petani.

“Bertani adalah harapan masa depan yang cerah. Karena hasilnya selain bisa memberikan pasokan pangan untuk bangsa sendiri juga untuk negara lain,” tambahnya.

Selaku ketua umum Astanu, Lukman Hakim memaparkan pangan merupakan kebutuhan bangsa untuk stabilitas sosial, ekonomi dan politik. Menurutnya, kehadiran Astanu yang baru ada di Jawa Tengah sudah direspon positif oleh ketua umum PBNU KH Said Aqil Siroj.

“Kami sudah sowan kepada PBNU, Kiai Said merespon positif keberadaan Astanu. Beliau berkeinginan agar Astanu juga harus ada di Jawa Barat,” papar Lukman.

Dengan begitu, Astanu semakin banyak menghasilkan produksi pangan. “Makanan yang diproduksi adalah makanan sehat sehingga negara pun semakin maju,” sambungnya.

Gubernur Jawa Tengah, H Bibit Waluyo dalam sambutannya menyampaikan Jawa Tengah harus cukup pasokan pangan. Karenanya Bibit mengajak agar dilakukan modernisasi pertanian.

“Kami menghimbau agar Astanu juga bergerak di bidang peternakan, perikanan dan hortikultura,” himbaunya.

Hadir dalam kesempatan itu, HM Nurdin, sekretaris Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) sekaligus Wakil Ketua LPPNU dan ketua Lesbumi NU Zastrow Al-Ngatawi. Dalam kegiatan tasyakuran tahlil dipimpin KH Ahmad Basyir dan doa diimami Habib Abdullah Al-Hindwan.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: