Boscha Perkirakan 1 Syawal 1432 H Jatuh pada Hari Rabu

Pusat penelitian Bulan dan Bintang Obserwatorium Boscha yang terletak di Bandung, Jawa Barat telah menentukan 1 syawal 1432 H akan jatuh pada hari Rabu, (31/8) mendatang.

Penetapan tersebut berdasarkan penglihatan hilal secara keilmuan yang diperkirakan akan tampak pada Selasa, (30/8) besok. 

Koordinator Teknisi Misi Jejaring Pengamatan Hilal Nasional Deva Octavian mengatakan ada 15 titik pengamatan untuk menentukan hilal akan sulit terlihat di seluruh indonesia.

Hal itu berdasarkan tinggi bulan ketika posisi matahari terbenam kurang dari dua derajat. Sementara, bulan yang berumur masih muda yakni delapan wad berposisi dekat dengan matahari, sehingga hilal pada 29 Agustus tidak terlihat.

Deva juga menegaskan hilal baru akan terlihat pada Selasa besok, sehingga 1 syawal 1432 Hijriah akan jatuh pada hari Rabu (31/8).

Bosscha juga telah menyebarkan 35 petugasnya untuk mengawasi 15 titik hilal yang ada di seluruh Indonesia. Hasil pengamatan dari 15 titik itu, akan diajukan pada sidang isbat yang rencananya akan digelar pukul 16.30 sore nanti.

Perkiraan jatuhnya Idul Fitri pada hari Rabu mendatang juga diperkirakan oleh Nahdlatul Ulama (NU) yang mengatakan kemungkinan jatuhnya 1 Syawal 1432 H jatuh pada hari Rabu, (31/8).
Berbeda dengan NU, PP Muhammadiyah telah menetapkan hari raya Idul Fitri akan jatuh pada hari Selasa besok.

Sumber: Media Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: