IPNU-IPPNU Pamekasan Gelar Istighosah Jelang UN

PAMEKASAN – Pelaksanaan Ujian Nasional tinggal menghitung hari. Tak ayal, para pelajar dari berbagai daerah mulai merasakan cemas.

Namun tampaknya tidak demikian bagi para pelajar di Pamekasan. Demi mengisi libur ratusan siswa SMA bersama para Kiai NU di Pamekasan menggelar istighotsah dan doa bersama (7/04). Ini diprakarsai oleh IPNU-IPPNU Pamekasan.

Istighotsah dan doa yang dikomandani oleh KH Ghiyaz Ramzi (Wakil Ketua PCNU Pamekasan) ini bertujuan untuk memotivasi siswa-siswi agar lebih tenang dan percaya diri dalam menghadapi UN. Di samping itu, siswa dapat diberikan kemudahan dan sukses dalam mengerjakan soal-soal.

Diakui oleh salah satu siswa, bahwa UN masih merupakan momok yang menakutkan, setelah belajar 3 tahun lamanya mereka khawatir tidak lulus dalam UN yang akan mereka hadapi. Itulah sebabnya mereka menggelar istighotsah dan doa bersama.

“Orang bijak mengatakan, usaha tanpa do’a sia-sia” ujar Rifka Septia Wulandari Ketua Panitia sekaligus ketua IKMANU, ditengah-tengah sambutannya mengawali kegiatan istighotsah dan doa bersama.

Meskipun kita sudah tiga tahun belajar dan menguasai semua mata pelajaran yang akan di-UN-kan, namun kita jangan sampai lupa berdoa memohon pertolongan dari yang Maha Kuasa. Usaha dan doa harus kita jalankan selaras berdampingan. Belajar adalah usaha dan istighotsah adalah doa.

Kepada NU Online, Siswi SMA Negeri 1 Pamekasan ini mengatakan bahwa setelah istghatsah dan doa bersama yang dilaksanakan di pendopo Agung Ronggo Sukowati ini diharapkan mampu memberikan bekal mental sehingga siswa-siswi lebih tenang dalam meghadapi UN.

Doa yang dilakukan bersama-sama pasti diijabah oleh Allah, apalagi doa itu dilakukan oleh 40 orang atau lebih. Karena diantara ke 40 orang tersebut pasti akan ada satu orang yang diangkat wali dan doanya pasti dikabulkan sehingga berdampak positif bagi yang lainnya, hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah Muhammad SAW yang artinya.

“Tidaklah sekelompok orang berkumpul, kemudian sebagian mereka berdoa dan sebagian yang lain mengamininya, kecuali Allah akan mengabulkan doa mereka. Semoga kita semua yang ikut istighatsah dan doa bersama sukses dan lulus dalam menghadapi UN,“ tutur Siswi kelas XII tersebut dengan yakin dan penuh harapan.

Sumber: NU Online

2 thoughts on “IPNU-IPPNU Pamekasan Gelar Istighosah Jelang UN”

  1. istighosah dan doa-doa apapun adalah penting. tetapi yang terpenting adalah bagaimana pihak sekolah mampu membuat anak didiknya untuk percaya diri dan mandiri saat mengikuti uijan nasional atau lokal. peran orang tua tidak bisa disepelekan. orang tua harus selalu waspada dan mengetahui sekolah mana saja yang masih menghalalkan mencontek. selanjutnya untuk tidak memasukan putra-putrinya ke sekolah tersebut. dengan demikian hanya sekolah-sekolah yang berniat menyiapkan pewaris bangsa dan negara ini sajalah yang ada. dan masa depan bangsa dan negara ada secercah harapan untuk menuju yang much much better. merdeka!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: