Ketum PBNU: Lebih Penting Introspeksi Daripada Menyalahkan

JAKARTA – Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj (Kang Said) mengajak seluruh umat Islam untuk lebih mengedepakan instropeksi diri daripada menyalahkah pihak lain atas segenap persoalan yang tengah dihadapi.

Menurut dia, sejumlah kemunduran tak harus disebabkan hanya oleh kelompok di luar. Karena faktor utama itu terkadang justru hadir dari diri sendiri.
“Kita yang salah, bukan orang lain. Bukan Amerika atau lainnya, kita yang paling salah,” ujarnya dalam taushiyah peringatan hari lahir (harlah) ke-9 The Wahid Institute di Jakarta, Kamis (27/9).

Pada momentum harlah lembaga yang didirikan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu, Kang Said juga mengajak para hadirin yang datang untuk meneladani Gus Dur sebagai tokoh memiliki prinsip, tapi rileks dan sederhana.

Kang Said juga menilai pentingnya analisa dan penggalian secara terus-menerus pemikiran dan perjuangan Gus Dur selama masa hidup.“Tanpa itu semua maka khazanah itu akan hilang. Karena al-hayatu tajribatun,  al-hayatu tajarubul umam (kehidupan adalah kumpulan dari percobaan),” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum PBNU H As’ad Said Ali juga menjelaskan bahwa apa yang telah dilakukan Gus Dur adalah kelanjutan dari perjuangan ulama-ulama NU terdahulu. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: