KH Said Basalamah: Angka 9 dan Kebangsaan Indonesia

Brebes, NU Online
Angka 9 mempunyai nilai sejarah yang tinggi bagi bangsa Indonesia. Bila dilihat dari jumlah huruf yang menyusun kata INDONESIA, maka berjumlah 9. Demikian juga dengan PANCASILA, berjumlah sembilan pula. Tak hanya itu, kata BUNG KARNO, BUNG HATTA. Semua huruf yang menyusunnya berjumlah sembilan.

Hal tersebut dikatakan Mutasyar PC NU Kab Brebes KH. Said Basalamah dalam Tasyarakuran Peringatan HUT ke-66 RI dan Nuzulul Quran di Masjid Agung Brebes, Selasa malam (16/8).

Menurut Kiai Said pada tahun 2011 ini, kondisinya hampir sama dengan pada tahun 1945 ketika pertama kali bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekannya.  Bendera Merah Putih berkibar dengan gagah  berani dan pertama kali lagu Indonesia Raya berkumandang di tanah air pada bulan puasa. “Ya….masyarakat yang mayoritas umat muslim, pada saat itu sedang menjalani ibadah puasa, kemerdekaan menjadi berkah,” ujarnya.

Acara tasyakuran yang diawali dengan buka puasa bersama masyarakat ini dihadiri seluruh Forkompinda Kabupaten Brebes. Bertempat di teras masjid Agung dan Alun-alun Brebes dan dilanjut dengan tarawih berjamaah.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Brebes menyerahkan bantuan dana dari Pemkab Brebes senilai Rp. 150 juta kepada Masjid Ahmad Yani Kota Baru, Masjid Al Fatah Limbangan Wetan dan Musholla Nurjannah Wangandalem masing-masing mendapatkan Rp.50 juta. Diberikan juga bingkisan untuk 14 ustadz/kyai se Kabupaten Brebes.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: