Kiai Mustafid: IPNU-IPPNU Yogyakarta Baiknya Fokus Kaderisasi

YOGYAKARTA – Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Daerah Istimewa Yogyakarta diharapkan bekerja maksimal mengatasi persoalan kaderisasi di wilayahnya. Pasalnya, permasalahan pengaderan hampir dihadapi setiap IPNU-IPPNU di tingkat cabang dan wilayah.

Seruan ini disampaikan Kiai Muhammad Mustafid, pengasuh Pesantren Aswaja Nusantara, Mlangi, Yogyakarta, dalam Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) IPNU-IPPNU DI Yogyakarta, yang mengangkat tema “Mengawal Pendidikan Karakter Menuju Pelajar Istimewa”, Ahad (8/12).

Di hadapan forum, Mustafid mengatakan, akar permasalahan kaderisasi terletak pada keluangan anak muda NU untuk fokus pada upaya mencetak generasi penerus ini. Menurut dia, kaderisasi yang minim menimbulkan persoalan lanjutan, seperti manajemen, basis finansial, dan sumber daya manusia.
Mustafid menuturkan, hal pokok yang perlu juga dilakukan adalah sinergi kerja antarpengurus IPNU-IPPNU, termasuk dengan badan otonom-badan otonom yang dimilikinya. Untuk melaksanakan semua itu, pengurus harus fokus.

“Fokus dalam melakukan kaderisasi menurut saya strategis. Meskipun anda harus sabar karena hasilnya tidak bisa langsung dipetik. Ini adalah sebuah investasi masa depan,” tambahnya.

Ketua Pompinan Wilayah IPPNU DI Yogyakarta Arin Mamlakah berharap Rakorwil menghasilkan rumusan bersama, yakni menemukan jalan keluar bagi permasalahan pengkaderan.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: