Kondisi KH Muchit Muzadi Semakin Membaik

MALANG – Kondisi kesehatan tokoh dan sesepuh NU KH Muchit Muzadi, bernagsur-angsur pulih. Namun belum diketahui pasti kapan bisa pulang ke Jember.

Saat ini, Mbah Muchit, sapaan akrabnya, masih berada di rumah kerabatnya di Malang setelah menjalani perawatan selama 5 hari akibat komplikasi penyakit.

“Kalau yang kemarin, sakitnya bapak itu diare, tapi jantungnya kadang kumat,” tukas putri Mbah Muchit, Inayati di Jember, Senin (18/2).

Menrut Inayati, sudah dua minggu lebih Mbah Muchit berada di Malang. Awalnya, mantan sekretaris pribadi KH Ahamd Shiddiq itu berangkat ke Surabaya untuk mengantarkan anaknya yang mau melaksanakan umroh. Setelah itu, ia istirahat di Malang. Namun kondisi kesehatan Mbah Muchit menurun, bahkan diserang diare.

Kendati demikian, Mbah Muchit menolak dirawat di rumah sakit, sehingga dokter yang datang ke tempat tinggal Mbah Muchit untuk melakukan tindakan medis. “alhamdulillah sekarang sudah sembuh,” lanjut Inayati.

Seperti diketahui, beberapa tahun terakhir ini kondisi kesehatan Mbah Muchit labil. Ia beberapa kali keluar masuk rumah sakit akibat serangan penyakit jantung dan paru-paru. Kendati demikian, ia masih meluangkan waktu untuk mengasuh pengajian kitab kuning di rumah kerabatnya di Malang seminggu sekali, sehingga harus bolak balik Jember-Malang.

“Sudah lama kalau bapak bepergian, di mobil itu disediakan oksigen untuk jaga-jaga, dan kursi roda juga,” ucap Inayati.

Mbah Muchit adalah sosok ulama yang dikenal cukup bijaksana dan “alim” seluk beluk NU dan sejarahnya. Mantan Sekretaris Daerah Tuban itu, sampai saat ini masih kerap menjadi rujukan tokoh regional maupun nasional dalam berbagai persoalan NU dan kebangsaan. Mbah Muchit juga masih “ngopeni” anak-anak PMII dan IPNU-IPPNU di masjid Sunan Kalijaga yang ada di samping rumahnya.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: