Konferwil PWNU Jawa Timur Dimeriahkan Pameran Lukisan

SURABAYA – Konferensi Wilayah (Konferwil) Nahdlatul Ulama Jawa Timur berbarengan dengan hari lahir NU yang ke-90 tahun. Karenanya sejumlah kegiatan diselenggarakan demi sukseskan dua gawe besar ini.

Nonot Sukrasmono yang juga Ketua Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia PWNU Jawa Timur menandaskan bahwa untuk peringatan Harlah NU yang berbarengan dengan Konferwil NU Jatim, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Yang cukup lama adalah pameran lukisan dan lukisan kaligrafi,” katanya kepada NU Online, Sabtu (27/4).

Ia mengemukakan bahwa untuk kegiatan ini akan diikuti oleh sekitar dua puluh lima seniman yang akan memamerkan  hasil seni mereka di Lippo Mall Sidoarjo (13-18/5).

Pesan yang ingin disampaikan pada kegiatan ini adalah sebagai media untuk mewadahi para seniman yang selama ini jarang disapa. “Kegiatan ini juga sebagai bagian dari komitmen NU yang tetap menghargai pendekatan budaya dan seni dalam menjalankan syiar keagamaan,” tandasnya.

“Para pendahulu yakni Wali Sanga telah memberikan tauladan bagaimana berdakwah dengan penuh kesantunan dan tidak melukai masyarakat,” katanya. Karena itu, pameran lukisan dan kaligrafi ini membawa pesan akan pentingnya berdakwah dengan budaya tersebut.

Sedangkan tema yang diambil dapam kegiatan ini bersifat umum. “Karena temanya umum, maka para peserta dan pengunjung dapat melihat dari dekat bagaimana hasil  ekspresi para seniman dalam melihat persoalan di sekitarnya,” katanya.

Yang juga sangat istimewa, pada saat pembukaan (13/5) akan ditampilkan repro lukisan foto Hadratus Syaikh KH Hasyim Asya’ari dan KH Abdul Wahab Chasbullah. “Untuk lukisan aslinya akan kami serahkan kepada Musium Islam Nusantara yang akan didirikan di pesarean Pesantren Tebuireng,” kata Mas Nonot, sapaan akrabnya.

Demikian juga Ketua PWNU Jatim, KH M Hasan Mutawakkil Alallah akan menyampaikan orasi budaya sebagai pembuka kegiatan pameran ini. “Acara akan dibuka oleh Bupati Sidoarjo,” katanya.

Kegiatan pameran lukisan dan lukisan kaligrafi ini sebagai mata rangkai Harlah ke 90 NU dan Konferensi Wilayah NU Jatim yang akan berlangsung 31 Mei – 2 Juni di Pondok Pesantren Bumi Sholawat Lebo Sidoarjo.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: