Lingkar Muda NU Kaji Politik NU dengan KH As’ad Said Ali

JAKARTA – Sediitnya 17 anak muda NU menghadiri kajian rutin yang digelar lingkar muda NU di Gedung PBNU lantai lima, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Rabu (8/5) sore. Dalam kesempatan ini, mereka mengkaji isu NU dan politik.

Menurut koordinator kajian lingkar muda NU Syaiful Arif, kajian rutin ini memasuki diskusi keempat. Kajian digelar dalam rangka membangkitkan kembali gairah pemikiran di kalangan muda NU.

“Kajian rutin itu tidak menunjuk tempat dan hari tertentu. Keduanya ditentukan begitu saja sesuai dengan kesepakatan forum,” kata Syaiful Arif kepada NU Online usai kajian, di lokasi kajian.

Diskusi lingkar muda NU kali ini menghadirkan Wakil Ketua Umum PBNU KH Asad Said Ali. Kajian berlangsung selama dua jam penuh. Diskusi kali ini berjalan seperti biasa; pemaparan oleh pembicara dan dialog.

Dalam diskusi itu, KH Asad Said Ali mengatakan bahwa perjuangan politik NU bukan mengedepankan capaian-capaian kekuasaan atau perolehan suara sebanyak-banyaknya. “Perjuangan politik NU lebih didasarkan pada nilai-nilai ke-NUan sebagai esensi politik,” katanya.

Di hadapan peserta diskusi, KH Asad Said Ali mengungkapkan bahwa nilai-nilai dasar ke-NUan yang meliputi keislaman sekaligus kebangsaan Indonesia ini jadi ukuran keberhasilan perjuangan politik NU.

Secara konkret, KH Asad Said Ali menunjuk bahwa basis perjuangan NU berupa kemaslahatan baik materil berupa kesejahteraan rakyat; maupun moril berupa kesusilaan sesuai dengan etika ketimuran. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: