LTMNU: Khutbah Masjid Harus Kontekstual

Majalengka – Ketua Pengurus Pusat Lembaga Ta’mir Masjid NU (LTMNU) KH Abdul Manan A Ghani menegaskan fungsi masjid sebagai pusat pemberdayaan masyarakat. Kegiatan masjid harus bergerak mengikuti kebutuhan masyarakat, termasuk khotbah Jumat.

Menurut Manan, tidak relevan seorang khotib yang gencar menggaungkan isu-isu internasional, dengan mengabaikan keterpurukan rakyat yang sedang dihadapi. Padahal, jamaah membutuhkan pencerahan dan solusi untuk memecahkan persoalan mereka.

“Khotibnya bicara Osama bin Laden, Palestina, dan seterusnya. Padahal, jamaahnya bingung dikejar-kejar rentenir. Jadi khotbah perlu disesuaikan dengan masyarakatnya,” ujarnya saat memberikan materi Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) LTMNU Kabupaten Majalengka dan Kota Cirebon di Sumberjaya, Majalengka, Jawa Barat, Ahad (6/1) petang.

Manan menjelaskan, masjid tak sebatas tempat upacara peribadatan, seperti shalat. Seperti diteladankan Nabi, tempat suci ini juga berguna untuk menyelesaikan berbagai problem sosial, ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

Manan menyayangkan khotbah di sejumlah masjid yang muatan materinya jauh dari persoalan konkret masyarakat sekitarnya. Alih-alih member solusi, para khotib justru menggaungkan wacana yang tidak kontekstual, atau bahkan provokasi permusuhan.

via NU Online

1 thought on “LTMNU: Khutbah Masjid Harus Kontekstual”

  1. PC LTMNU SELENGGARAKAN PELAYANAN TERPADU SIDANG ITSBAT, PENERBITAN BUKU KUTIPAN AKTA NIKAH DAN AKTA KELAHIRAN ANAK
    Bekerja sama dengan Pengadilan Agama Garut, Kementrian Agama Kabupaten Garut dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut, PC LTMNU yang dikomandani oleh Drs. Ahmad Sanusi, S.H., M.H. menyelenggarakan kegiatan advokasi Pelayanan Hukum berupa Sidang Itsbat Nikah, Pencatatan Nikah dan Penerbitan Akta Kelahiran Anak bagi masyarakat Garut yang tidak mampu pada hari Jum’at tanggal 19 Desember 2014 di Kecamatan Malangbong sebanyak 64 pasangan suami isteri yang semula pernikahannya tidak tercatat di KUA Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: