Menara Kudus Direnovasi, Selesai Sebelum Puasa

KUDUS – Akibat mengalami kemiringan mencapai 11°, puncak (mustaka) Menara Kudus yang berada di Kabupaten Kudus Jawa Tengah, sedang dilakukan renovasi. Saat ini proses perbaikan Menara peninggalan Sunan Kudus ini sedang dikerjakan beberapa pekerja yang memiliki keahlian bangunan khusus.

Staf Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) Kudus Denny Nur Hakim mengatakan, kemiringan yang terjadi pada peninggalan Sunan Kudus ini disebabkan faktor alam.

“Miringnya Menara Kudus akibat terkena terpaan angin. Dulu bangunan ini juga pernah mengalami renovasi pada tahun 2009,” ujar Denny.

Untuk menjaga keaslian bentuk menara Kudus, pihak YM3SK tidak mau mengerjakannya dengan asal-asalan. Pihaknya meminta bantuan Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah untuk mendatangkan ahli bangunan khusus. karena tidak semua pekerja bisa memasang batu bata dengan tepat.

“Pengerjaannya sekarang dilaksanakan sekitar 10 orang tenaga bangunan yang dikirim oleh BPCB, dan sisanya 3 orang berasal dari penduduk lokal,” imbuh Denny.

Renovasi bangunan berusia sekitar 500 tahun ini tidak hanya melibatkan tenaga ahli, tetapi juga menghabiskan anggaran yang besar. Anggaran tersebut,kata Denny, diambil langsung dari alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Mengenai nominalnya kurang begitu tahu karena pihaknya hanya sebagai quality control. Semua perencanaannya langsung ditangani BPCB Jateng,” terangnya seraya menambahkan proses pengerjaanya selesai sebelum bulan puasa. Sumber: NU Online

%d bloggers like this: