Muhyidin Arubusman: NU Jangan Andalkan Faktor Kebetulan

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Muhyidin Arubusman mengatakan, kaderisasi NU harus didesain secara sistematik dalam rangka menyiapkan kader-kader terbaik untuk Indonesia.

Saat menghadiri soft launching “Student Center NU Makara” di Depok, Sabtu (16/3),  ia mengingatkan, mahasiswa-mahasiswa NU di kampus-kampus terbaik di seperti Universitas Indonesia (UI) harus disiapkan menjadi calon-calon pemimpin yang mampu mengembangkan jam’iyah NU dan berkiprah di sektor profesional.

Muhyidin dalam sambutannya mengatakan, PBNU sangat mengapresiasi kerja Forum Alumni PMII UI yang baru setahun berdiri tapi sudah mampu merintis hadirnya Student Center di UI.

“NU tidak bisa lagi seperti selama ini yang hanya mengandalkan ‘kebetulan’, kebetulan Gus Dur jadi presiden, kebetulan ada PMII di UI dan sebagainya,” urai Muhyidin yang pernah menjabat Sekjen PBNU mendampingi KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Ketua Umum Forum Alumni PMII UI, Alfanny, mengatakan, selama ini kader-kader NU di kampus-kampus terbaik Indonesia bagaikan ‘ayam kampung’ yang dilepas dari kandang setiap pagi, dibiarkan ‘mencari makan’ sendiri dan menjelang maghrib alias menjelang pemilu, lalu dihela masuk kandang kembali.

“PMII UI sudah hadir sejak tahun 1996 namun baru bisa merintis asrama mahasiswa (Student Center) tahun ini, Alhamdulillah, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali,” tandas Alfanny, alumni jurusan Sejarah FIB UI.

Student Center NU (Nusantara Unggul) Makara yang beralamat di Jalan Yahya Nuih Margonda Depok menempati rumah 2 lantai yang dapat menampung beberapa mahasiswa NU.

Dijadwalkan pada bulan Agustus 2013 bersamaan dengan penerimaan mahasiswa baru UI, Student Center NU Makara akan merekrut dan menyeleksi mahasiswa UI yang dinilai berprestasi dan berpotensi untuk menjadi penghuni asrama mahasiswa Student Center NU Makara.

Program Student Center NU Makara selain menyediakan asrama mahasiswa berbeasiswa juga mengadakan Pesantren Kilat Sukses Masuk PTN yang pada tahun 2013 ini akan diadakan di sejumlah kota antara lain Jakarta, Depok, Bandung dan kota lainnya.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: