NU Akan Terbitkan “Ensiklopedia Nahdlatul Ulama”

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) tengah menyiapkan buku ensiklopedia yang berisikan tentang perjalanan panjang dari organisasi Islam terbesar di Indonesia ini. Buku ini diharapkan bisa menjadi referensi terlengkap tentang NU masa lalu hingga kini.

”Sebagai sebuah ormas Islam terbesar di seluruh dunia, jumlah warga NU diperkirakan mencapai lebih dari 70 juta orang, maka sudah selayaknya Nahdlatul Ulama dicatat dan didokumentasikan dalam sebuah Ensiklopedi,” kata ketua umum PB NU Said Aqiel Sirajd dalam siaran pers yang diterima Republika.

Menurut Said Aqiel, ensiklopedi ini ditujukan untuk merangkum pengetahuan, mendorong minat kajian, dan pengembangan NU. ”Penerbitan ensiklopedi ini saya rasa akan bisa menjadi monumen pengetahuan dan “babad” kontemporer yang merekam sejarah, tokoh, dan khasanah pesantren secara obyektif, akurat, dan komprehensif. Diharapkan juga ensiklopedi ini bisa menjadi referensi terlengkap bagi organisasi ini,” katanya.

M Imam Azis, ketua PBNU yang menjadi salah satu inisiator penerbitan ensiklopedia ini, menjelaskan buku berjudul “Ensiklopedia Nahdlatul Ulama: Sejarah, Tokoh, dan Khasanah Pesantren” ini akan diluncurkan pada pertengahan Juni mendatang. ”Peluncurannya akan dilakukan pada saat peringatan Harlah Nahdlatul Ulama,” katanya.

Imam juga menambahkan, ensiklopedia ini menjadi proyek monumental yang akan tercatat sepanjang sejarah NU. ”Sudah lama kami ingin menerbitkan karya ini, tapi kami selalu terkendala masalah pendanaan yang cukup besar,” ujarnya.

”Kendala itu terkait karena riset teks dan foto ternyata banyak dilakukan di Belanda, Prancis, dan Jepang. Maklum data-data tentang NU masa lampau itu memang banyak berserakan dan tercecer di luar negeri sehingga kami harus melakukan riset dan penulisan ini hampir 1,5 tahun

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: