NU Bali Konsisten Toleran Saat Hari Raya Nyepi

JAKARTA – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Bali menegaskan sikap warga NU yang selalu mengormati peringatan hari raya Nyepi umat Hindu di Bali.

“Kita terus konsisten bertoleransi. Tapi peringatan Nyepi kali ini, tentu tak seheboh tahun lalu,” kata Ketua PWNU Bali Mulyono Setiawan saat dihubungi NU Online, Senin (11/3) petang.

Menurut dia, peringatan Nyepi tahun baru Saka 1935 pada 2012 lalu cukup membuat sibuk tokoh agama karena jatuh pada hari Jumat. Pemerintah dan ormas Islam, termasuk NU, harus bekerja maksimal untuk mencegah kemungkinan konflik antaragama.

“Karena dulu berbarengan dengan shalat Jum’at umat Islam, maka kita mengimbau agar tidak mengganggu perayaan Nyepi, seperti tidak menggunakan pengeras suara. Tapi sekarang tidak terlalu mengkhawatirkan” tambah pria yang akrab disapa Pak Wawan ini.

Warga NU di Pulau Dewata, sambung Setiawan, selama ini sanggup berhubungan secara haromis dengan umat penganut Hindu. Kerja sama antara keduanya dalam sejumlah kegiatan juga sempat dilaukan.

“Termasuk hubungan baik dengan pemerintah daerah, dari tingkat kabupaten hingga provisi,” papartnya. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: