Pengajian Kitab Bidayatul Hidayah – KH Musthofa Bisri (Gus Mus)

Kitab BIDAYATUL HIDAYAH karya ulama besar Abu Hamid Muhammad al-Ghazali (w. 1111 M) ini banyak disebut-sebut sebagai mukadimah Ihya Ulumuddin, karya masterpiece beliau yang sangat monumental itu.

Kitab ini membahas proses awal seorang hamba mendapatkan hidayah dari Allah Ta’ala, dimana sang hamba sangat membutuhkan pertolongan dan bimbingan dari-Nya. Juga menjelaskan seputar halangan (pasif) maupun rintangan (aktif) yang tersebar di sekitarnya, yaitu ketika sang hamba berusaha untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta, melalui tata cara dan adab yang benar.

Kitab ini secara garis besar berisi tiga bagian. Yakni bagian tentang adab-adab ketaatan, bagian tentang meninggalkan maksiat, dan bagian tentang bergaul dengan manusia, Sang Maha Pencipta dan dengan makhluk lainnya. Menurut al-Ghazali, jika hati kita condong dan ingin mengamalkan apa-apa yang ada di buku ini, maka berarti kita termasuk seorang hamba yang disinari oleh Allah dengan cahaya iman di dalam hati.

Berikut adalah rekaman live-streaming Pengajian Kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali yang dibawakan oleh KH Musthofa Bisri (Gus Mus) Wakil Rais Aam PBNU, langsung dari Ponpes Raudlatut Thalibin Rembang.

Download Scan Kitab Bidayatul Hidayah (Arabic only): http://www.4shared.com/office/MT75pBz8/m_bidyat-hidyah-darwish-98.html

1. Muqadimah, Adabut Thoa’t, Adabul Istiqadhl min an-Naum, Adabul Baas, Adabul Dukhulul Khola
2. Adabul Wudhu (Adab Ber-wudhu)

alternatif download: 4Shared

3. Adabul Ghusli (Adab Mandi), Adabut Tayyamum, Adabul Khuruji ilal Masjid (Adab bepergian ke Masjid)

alternatif download: 4Shared

%d bloggers like this: