Perpustakaan PBNU Jadi Rujukan Sejumlah Peneliti Luar Negeri

JAKARTA – Sebagian besar pengunjung Perpustakaan PBNU masih terbatas dari kalangan akdemisi. Mereka yang umumnya datang dengan keperluan khusus meneliti NU itu, di antaranya, berasal dari sejumlah perguruan tinggi luar negeri.


Sejumlah peneliti asing yang tercatat pernah singgah di sebuah ruangan di lantai 2, gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, ini, antara lain, datang dari Jepang, Australia, Amerika, Jepang, Malaysia, Singapura, Belanda, Korea Selatan, dan lainnya.

Syatiri Ahmad, pengelola perpustakaan PBNU, menyebutkan sejumlah nama peneliti sekaligus penulis kenamaan yang dimaksud, seperti Martin van Bruinessen, Robin Bush, Douglas Ramage, Greg Barton, Greg Fealy, dan Mituo Nakamura.

”Ini memang baru satu-satunya perpusatakaan NU yang memiliki informasi seputar ke-NU-an yang relatif lengkap, ya baru di Jakarta ini. Sebenarnya informasi ini penting ada di setiap tingkatan wilayahlah minimal,” katanya, Selasa (30/4).

Meski menyimpan koleksi ke-NU-an yang relatif banyak, Syatiri mengaku, jumlah pengunjung perputakaan PBNU tidak begitu banyak. Padahal, perpustakaan yang beridiri 1983 atas amanat Munas-Konbes NU di Situbondo, Jawa Timur, itu mengoleksi berbagai dokumen primer langka yang dapat memperdalam wawasan pembaca mengenai NU. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: