Pesantren Balekambang Wisuda 319 Santri

JEPARA – Sebanyak 319 santri Pondok Pesantren Balekambang Jepara, diwisuda di halaman MTs PB Balekambang Desa Buaran, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah Rabu (19/6) pagi. Ratusan santri tersebut terdiri dari 5 Tahfidz, 8 Salafiyah, 112 MTs, 34 MA dan 160 SMK.

Bupati Jepara, H Ahamd Marzuqi yang diwakili Dandim 0719 Jepara Letkol Inf. DK Subandi yang membacakan sambutan Bupati menyatakan, santri diwisuda merupakan putra harapan bangsa. Wisuda menurutnya bukan merupakan akhir pembelajaran namun cita-cita santri harus digapai setinggi langit.

Subandi menambahkan, kedisiplinan, pendidikan mental, spiritual dan keagamaan yang sudah diterima di pesantren hendaknya dijaga jangan sampai pudar. Karenanya, wali santri harus terus mengawasi anak-anaknya agar jangan sampai terjerumus pada perilaku negatif, “Sebab jika tidak dijaga lingkungan yang akan mengubah anak-anak anda menjadi baik maupun buruk,” lanjutnya.

Pengasuh Pesantren Balekambang, KH Makmun Abdullah Hadziq dalam sambutannya memohon doa restu kepada hadirin agar ujian nasional maupun ujian pesantren yang telah dilalui oleh santri hasilnya menjadi ilmu yang berkah dan manfaat.

Beberapa tahun yang akan datang, sambungnya, mereka menjadi tulang punggung bangsa yang meneruskan funding fathers negara. Senada dengan Subandi, kiai Makmun mengajak agar santri melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“InsyaAllah 2014 yang akan datang Pesantren Balekambang ditunjuk menjadi lokasi Akademi Komunitas yang merupakan hasil tindak lanjut pertemuan dengan Pak Nuh awal Juni kemarin,” jelasnya menanggapi pendidikan tinggi yang akan dilaksanakan di Balekambang.

Hadir dalam kesempatan Muwaddaah dan Haflah Akhirus Sanah Nurhayati Ali Assegaf, Staf Ibu Negara Republik Indonesia beserta rombongan, KH Imron Jamil penceramah sekaligus wali santri serta ribuan jamaah yang terdiri dari jamaah Wagenan, santri, wali santri, pejabat dan tokoh masyarakat. Sumber: NU Online

%d bloggers like this: