PKB Belum Dikontak Soal Reshuffle Kabinet

Jakarta – Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini dikabarkan akan digeser menjadi Menpora mengisi kursi yang ditinggalkan Andi Mallarangeng. Namun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengaku belum dikontak SBY terkait hal ini.

“Kita belum tahu, nggak tahu bagaimana ceritanya,” kata Ketua FPKB DPR Marwan Jafar kepada detikcom, Kamis (3/1/2013).

Hal ini disampaikan Marwan menanggapi rumor akan digesernya posisi Helmy. Posisi Helmy dikabarkan akan digeser ke Menpora, sementara kursi Menteri PDT disebut-sebut akan diisi oleh Staf Khusus Presiden Bidang Otonomi Daerah Velix Vernando Wanggai.

Dengan mundurnya Andi Mallarangeng karena menjadi tersangka kasus Hambalang, maka kursi menteri PD berkurang satu. Velix Wanggai sendiri cukup aktif di sejumlah kegiatan PD. Hingga saat ini PD juga belum diberi kabar resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait rencana menarik Velix ke kabinet.

Namun Velix dipandang cukup kompeten untuk mengisi kursi Menteri PDT. “Pantas dong, bagus dong,” kata Wasekjen PD Saan Mustopa kepada detikcom, Kamis (3/1/2013).

Presiden SBY awal tahun ini akan menunjukkan pengganti Andi Mallarangeng selaku menteri pemuda dan olahraga. Tetapi pengangkatan menteri baru tersebut belum tentu akan diikuti dengan perombakan susunan keanggotaan KIB II sebagaimana desakan beberapa pihak.

“Yang saya ketahui, Bapak Presiden dalam waktu dekat akan memilih secara definitif menpora menggantikan Pak Andi Mallarangeng,” kata Jubir Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, di Bina Graha, Jakarta, Rabu (2/1/2012).

Seperti penggantian menteri sebelum-sebelumnya, waktu persis pengumuman menteri baru hanya diketahui oleh Presiden SBY. Maka belum dapat dipastikan apakah yang dimaksud waktu dekat itu adalah pekan ini, bulan ini atau bahkan bulan depan.

“Saya belum bisa memastikan kapan, dalam waktu dekat atau dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujar Julian sembari membenarkan saat ini Presiden SBY sedang ada agenda internal di Kantor Presiden, Jakarta.

Via Detik.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: