PMII Universitas Indonesia Kaji Islam dan Komunisme

JAKARTA – Menjelang peringatan Gerakan 30 September PKI (G 30 S/PKI), Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Indonesia (UI) menggelar seminar kebangsaan, Jumat (27/9) di Wisma Makara UI, Depok, Jawa Barat.

Seminar yang yang juga disponsori Forum Silaturahmi Santri (Forsis).ini mengambil tema “Pancasila, Islam, dan Komunisme dalam Pusaran Sejarah”. Turut mengisi acara antara lain dua pakar sejarah Dr Ahhar Gonggong dan Prof Dr Masyukuri Abdillah, serta pengasuh pesantren Arif Zamhari.
Di hadapan peserta diskusi yang terdiri dari 70 Mahasiswa dari beragam kampus, ketiga narasumber tersebut mengulas pengalaman pergulatan tiga Ideologi, yakni Pancasila, Islam, dan Komunisme di Indonesia.

Anhar Gonggong dalam kesempatan itu menyoroti komunisme dari perspektif ilmu sejarah yang digelutinya dan kritiknya terhadap golongan Islam yang melakukan tindakan kekerasan seperti FPI.

Sedangkan Masykuri Abdillah lebih jauh lagi membahas kegagalan negara-negara komunis di dunia dalam membangun negara, serta tanggapannya tentang peristiwa berdarah PKI “dibunuh atau membunuh”.

Arif Zamhari membawa diskusi ke arah pembahasan Islam Indonesia, Islam rahmatan lil alamin dan penjabaran alasan Indonesia disebut negara Pancasila. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: