Presiden SBY: Mbah Hasyim Salah Satu Tokoh Pelopor Kemerdekaan

JAKARTA – Atas nama kepala negara, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan hormat dan takzimnya kepada pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy’ari yang akrab disapa Mbah Hasyim.
Bagi negara, KH Hasyim Asyari bukan sekadar tokoh agama Islam, tetapi juga pelopor pergerakan kemerdekaan Indonesia, katanya.

SBY menyampaikan hal itu usai menonton tayangan perdana film ‘Sang Kiai’ yang menampilkan KH Hasyim Asy’ari sebagai tokoh utama dalam film tersebut di Epicentrum XXI, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (20/5) sore.

Berkat jasanya dalam mengobarkan semangat rakyat melawan tentara Sekutu yang mencoba menduduki kembali Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan, KH Hasyim Asyari mendapat bintang penghargaan sebagai pahlawan nasional dari Pemerintah Republik Indonesia.

Peristiwa perlawanan rakyat yang dijiwai fatwa Resolusi Jihad NU dikenal dengan peristiwa 10 November 1945 yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional.

“KH Hasyim Asyari merupakan guru tulen agama. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari perjalanan hidupnya,” tambah SBY di hadapan penonton yang terdiri dari beberapa menteri, jajaran PBNU, dan pengurus lembaga, lajnah, dan badan otonom NU.

SBY sebagai Kepala Negara RI mengungkapkan, KH Hasyim Asy’ari memiliki pandangan hidup yang luas. Dengan demikian, sikap, tindakan, dan pikiran KH Hasyim Asyari mengandung kebenaran.

Mbah Hasyim merupakan sosok ulama yang penuh dengan kebijaksanaan. Kalau mau diuraikan, pemaparan kebijaksanaan Mbah Hasyim akan memakan tempo yang bahkan lebih panjang dari durasi film yang ditayangkan, tandas SBY disambut tepuk tangan sedikitnya 100 hadirin.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: