PT Telkom Kerjasama dengan Koperasi NU Dalam Produk Delima

SURABAYA – Perseroan Terbatas Telekomunikasi Indonesia Tbk menjalin kerja sama dengan Koperasi Mabadiku Bintang Sembilan yang dikelola Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur dalam layanan jasa pengiriman uang secara elektronik.

Executive General Manager Divisi Telkom Timur Iskriono Windiarjanto di Surabaya, Sabtu, mengatakan bahwa layanan jasa pengiriman uang elektronik dan remitansi tersebut merupakan program “IndiFinance” dengan produk unggulannya “Delima” (Delivery Money Access).

“Rencananya program IndiFinance ini akan diimplementasikan di 100 lokasi komunitas Nahdlatul Ulama se-Jawa Timur. Namun, untuk tahap awal baru direalisasikan di sembilan lokasi sebagai proyek percontohan,” katanya usai penandatanganan kerja sama.

Kerja sama itu merupakan tindak lanjut dari perjanjian implementasi IndiFinance yang sebelumnya sudah ditandatangani oleh Telkom dan PBNU di Jakarta pada tanggal 20 Juni 2013.

“Kami sangat senang bisa menjalin kemitraan dengan komunitas NU. Dengan jumlah warga NU di Jatim yang mencapai lebih dari 14 juta jiwa, kami berharap kerja sama ini bisa memberikan manfaat bagi kedua pihak,” ujar Iskriono.

Menurut dia, kerja sama IndiFinance yang diluncurkan mendekati bulan puasa ini bertujuan memudahkan warga NU dan keluarga besarnya dalam menunaikan kewajiban pembayaran zakat mal dengan pengiriman uangnya bisa dilakukan melalui Delima.

Selain itu, produk Delima juga siap melayani pengiriman uang warga NU menjelang Lebaran kepada keluarganya di kampung halaman sehingga ketika mudik tidak lagi harus membawa banyak uang selama perjalanan.

“Delima sangat cocok untuk warga yang tidak memiliki rekening di bank. Target pasarnya adalah masyarakat urban di kota besar dan penerimanya adalah masyarakat di perdesaan,” tambah Iskriono.

Ia mengatakan bahwa pengiriman uang atau pembayaran zakat melalui Delima makin mudah karena warga NU dan masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas melalui telepon pintar yang terkoneksi dengan internet.

“Untuk memudahkan jika tidak tersedia koneksi internet, Telkom sudah memberikan solusi dengan memasang akses internet tanpa kabel (wifi.id) di lokasi-lokasi Koperasi Mabadiku Bintang Sembilan milik NU,” ujarnya.

Hingga saat ini, jumlah outlet Delima yang dioperasikan oleh Telkom mencapai 28.000 titik di seluruh Indonesia, termasuk 400 titik di wilayah Jatim.

Ketua PWNU Jatim Kiai Haji Hasan Mutawakil Alallah berharap kerja sama dengan Telkom tersebut semakin memudahkan warga NU yang tidak memiliki rekening bank untuk mendapatkan layanan pengiriman uang melalui Koperasi Mabadiku Bintang Sembilan.

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: