Puasa Mengatasi Problema Hidup

Brebes, NU Online
Melaksanakan ibadah puasa, pada hakekatnya mengurai benang kusut atas segala persoalan yang mengemuka. Baik yang menimpa dirinya sendiri maupun kelompok, bangsa dan negara. Jaminan tersebut, dijanjikan Allah SWT bagi orang-orang yang bertakwa.

“Allah SWT berjanji bagi orang-orang yang bertakwa, akan diberikan jalan keluar dari segala persoalan,” tutur Drs KH Sodikin Rachman dalam penyampaian mauidlokhasanah buka bersama Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU)-Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Cabang Kabupaten Brebes di gedung NU Brebes Sabtu sore (6/7).
Generasi muda NU, lanjut dia, tentu dalam perjalanan kehidupannya senantiasa dipenuhi problema. Dari persoalan studi, cari jodoh, karir, dan 1001 macam problema lainnya datang silih berganti. Namun dengan puasa Ramadhan yang menuju kepada ketakwaan perindividu, bila mencapainya akan ditunjukan pula jalan keluar dari berbagai problema yang menimpa.

Termasuk persoalan bangsa yang melilit hingga kini, kata Kiai Sodikin, bisa diselesaikan dengan jalan puasa Ramadhan. “Omong kosong, kalau penduduknya ingkar, banyak yang tidak bertakwa persoalan bangsa ini bisa diatasi,” terangnya.

Untuk itu, dia mengajak kepada pelajar NU untuk rajin-rajin berpuasa guna membantu persoalan dirinya dan persoalan bangsa pada umumnya. “Sehingga Ramadhan bisa menjadi solusi atasi persoalan,” ajak Kiai Sodikin yang juga wakil ketua PCNU Brebes.

Ketua PC IPNU Brebes Husni Mubaroq al Hafidz menjelaskan, buka puasa bersama diikuti ratusan pengurus cabang, anak cabang hingga ranting se Kabupaten Brebes. Dengan buka puasa dan diskusi ramadhan itu diharapkan dapat menambah pengetahuan dan nilai ibadah puasa. “Dengan jalinan komuniasi dan diskusi, mudah-mudahan menambah nilai ibadah puasa,” harapnya.

Tampak hadir Ketua Persatuan Guru NU (Pergunu) Syamsu MPd dan wakil sekretaris PC NU Brebes Lakhmuddin SAg. Kegiatan dilanjut sholat maghrib berjamaah dan sholat isya serta tarawih berjamaah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: