Rhoma Irama Meriahkan Haul KH Bisri Sansuri Denanyar

JOMBANG – Untuk kali kedua, Raja Dangdut H Rhoma Irama berkeliling ke Jawa Timur. Hal itu dilakukan guna mengenal lebih dekat para tokoh dan warga Nahdlatul Ulama.

Sabtu (10/5) malam, Bang Haji, sapaan akrabnya berkesempatan melangsungkan silaturahim ke sejumlah kiai dan pengasuh pondok pesantren di Jombang. Raja Dangdut itu hadir dalam rangka haul KH Bisri Syansuri di Pondok Pesantran Mamba’ul Maarif Denanyar.

Tampak hadir sejumlah tokoh seperti Muhaimin Iskandar (Ketua Umum DPP PKB dan Menakertrans), Saifullah Yusuf (Ketua PBNU dan Wakil Gubernur Jatim), Ida Fauziyah (Ketua Umum PP Fatayat NU) serta para pejabat dari Pemprov Jatim dan pengurus partai lainnya.

Yang menarik, di ujung sambutan yang mengatas namakan keluarga, Muhaimin Iskandar mendaulat Raja Dangdut itu untuk memimpin pembacaan shalawat. “Kita ingin mendengarkan suara Bang Haji melantunkan shalawat,” kata Cak Imin.

“Kita yakin, suara Bang Haji dapat memukau para hadirin,” katanya. “Dan kalau sudah memukau, kita yakin jamaah akan mengikuti apa yang dikatakan Bang Haji,” tandas keponakan KH Abdurrahman Wahid ini.

Permintaan yang tiba-tiba ini cukup merepotkan Bang Haji yang saat itu didampingi grup shalawat al-Banjari dari Pesantren Mamba’ul Maarif.

Namun Bang Haji tampak segera menguasai panggung dan memilih shalawat Badar untuk mengajak ribuan jamaah yang hadir untuk bershalawat.

Dalam pandangan Bang Haji, shalawat adalah ajakan untuk mengenal dan mencintai sosok baginda Nabi Muhamaad SAW. Kegemaran bershalawat adalah di antara manifestasi kecintaan kepada beliau.

“Apalagi Allah telah memberikan jaminan akan dibalasnya shalawat kita dengan berkali lipat,” katanya seraya menyitir sebuah hadits.

Bersama sejumlah kiai dan tokoh serta jamaah yang hadir, Bang Haji melantunkan Shalwat Badar. Suaranya yang khas benar-benar mampu membawa jamaah melantunkan shalawat tersebut dengan khidmat.

Sebelum ke pesantren ini, Bang Haji berada di Tuban, bertemu Bupati Tuban Fathul Huda, yang dilanjutkan silaturahmi dengan pengasuh dan santri Pondok Pesantren Langitan, Tuban, yang langsung dilanjutkan untuk berziarah ke makam KH Abdullah Faqih.

Sebelum ke Denanyar, Rhoma berziarah ke makan Hadratus Syaikh KH Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pesantren Tebuireng, sekaligus menemui sang pengasuh, KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah.

Sumber: NU online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)