Ribuan Nahdliyin Hadiri Ansor Bersholawat di Kudus

KUDUS – Ribuan jamaah menghadiri kegiatan Ansor bershalawat yang diadakan di Gedung Graha Mustika Getas Pejaten Kudus, Senin (20/5) malam.

Mereka yang berasal dari penjuru kota Kudus itu memadati ruangan maupun halaman dengan duduk lesehan sejak awal hingga akhir acara.

Dengan penuh hidmat dan semangat, mereka larut berdoa dan bersholawat bersama kiai maupun habaib. Apalagi iringan grup rebana al-Mubarok Qudsiyyah Kudus yang kompak dan rancak menambah suasana kegiatan yang dikemas pengajian umum ini semakin syiar dan semarak.

Ketua PC GP.Ansor Kudus Ghofar mengatakan Ansor bersholawat ini dimaksudkan untuk memperingati hari lahir ke-79 GP Ansor dan mensyiarkan sekaligus meneguhkan ideologi Islam Aswaja, memperkuat ukhuwah Islamiyah, nahdliyah dan basyariyah.

“Melalui shalawat kita mengharap ridlo Allah supaya Ansor mampu menanamkan semangat perjuangaan untuk benar-benar menjelma kembali seperti pemuda pada masa Rasulullah,” ujarnya.

Disamping itu, Ansor mendorong terciptanya masyarakat yang penuh kesejukan serta kedamaian masyarakat terutama suasana Pilkada yang saat ini masih berlangsung.

“Kota Kudus yang religius ini, harus tetap tenang, kondusif, aman, tidak terjadi gesekan antar kelompok,” katanya.

Ia menyatakan Ansor–banser siap bekerja sama untuk ikut mengamankan kota Kudus tetap kondusif dengan terjaga ketenangan dan kedamaiannya.

“Kemarin malam (Ahad 19/5– red) Ansor telah melakukan pembaiatan 1000 anggota Banser di pondok Qosimiyyah Selalang untuk menguatkan posisi Banser sebagai pengawal ulama, NU dan NKRI serta secara khusus pengamanan jelang dan pasca Pilkada Kudus,” tandas Ghofar.

Mauidhoh hasanah dalam acara tersebut diberikan oleh sejumlah kiai Kudus secara bergantian, yakni KH Halim Ma’ruf, KH Ahmad Asnawi dan terakhir ditutup dengan mauidhah Habib Luthfie bin Yahya asal Pekalongan.

Yang menambah suasana semakin semarak, disela-sela acara ditampilkan juga dua pelawak kondang kota kretek Marhabanan dan Muncul menghibur para jamaah. Dari lawakannya yang berisi dakwah ini mengundang tawa jamaah tidak kecuali kiai dan habaib yang hadir.

Selain sejumlah kiai dan habaib, Ketua PP Lembaga Perguruan Tinggi NU H Noor Ahmad dan Ketua Umum GP Ansor Nusron Wahid turut hadir dalam kegiatan yang berakhir pukul 24.30 ini.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: