Rombongan Mudik PBNU Diberangkatkan

Jakarta, NU Online
Sebanyak 22 bis rombongan mudik gratis PBNU dengan tujuan Jatim, Jateng dan Jabar diberangkatkan dari depan PBNU, Kamis, 25 Agustus 2011 dilepas oleh Sekjen PBNU H Marsudi Syuhud.

Mudik gratis yang baru pertama kali digelar di PBNU ini bekerjasama dengan Bank Mandiri dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Ketua LTMNU KH Abdul Manan menjelaskan, program ini merupakan penyapaan kepada warga NU yang selama ini bekerja di Jakarta, agar mereka dapat pulang ke kampong halamannya. Untuk wilayah Jawa Timur, terdapat 6 bis, Jateng, 15 bis, Jogja, 1 bis dan Jabar 1 bis. “NU didirikan untuk menyelesaikan masalah,” jelasnya.
Sementara itu Riswinandi, deputi direktur Bank Mandiri menjelaskan, fihaknya turut terlibat dalam program ini karena merupakan bagian dari Program Bina Lingkungan Bank Mandiri. Fihaknya berupaya membantu masyarakat yang ingin mudik dan berlebaran di kampung halamannya bersama keluarga.

“Kita juga melakukan kerjasama dengan PBNU dalam pemberdayaan masyarakat sekitar pesantren seperti program sanitasi,” katanya.

Selain mudik bareng, LTMNU, yang menjadi inisiator program ini, juga menyelenggarakan penyapaan, yaitu para tokoh NU yang mengunjungi posko-posko mudik di sejumlah tempat, seperti di Cirebon yang dilakukan oleh Rais Syuriyah PBNU KH Mustofa Aqil, di Jogjakarta oleh KH Malik Madani, dan di Surabaya oleh H Syaifullah Yusuf.

Total di terdapat 130 posko mudik NU berbasis masjid di Jawa dan Bali. Mereka dapat berinstirahat, menunaikan ibadah sholat. Di setiap posko juga disediakan minuman dan snack.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: