Sepuluh hari terakhir, Jangan Lengah

Brebes, NU Online

Menghadapi sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, masyarakat Muslim diminta jangan lengah dalam beribadah. Harus terus konsentrasi dengan lebih banyak menyerahkan diri sepenuhnya pada Alllah SWT. Sebab, saat sepuluh terakhir Ramadhan telah dibukan pintu surga dan dijamin tidak tersentuh api neraka bagi yang menjalankan ibadah puasa.

“Yang lebih sempurna lagi, saat sepuluh hari terakhir Ramadhan datang Laelatul Qodar,” terang Wakil Ketua PC NU Brebes KH Sodikin Rachman saat menyampaikan mauidlotul khasanah peringatan Nuzulul Quran di Desa Klampis, Kec. Jatibarang Brebes, Sabtu malam (20/8).

Disamping ada jaminan dibukanya pintu surga, lanjutnya, juga saat-saat malam itu tengah ada grasi ketetapan nasib manusia. Syukur-syukur bila saat dicatat kita sedang berada dalam konsentrasi penyembahan kepada Sang Khalik.

“Orang yang mendapat keuntungan, bila memandang kehidupan akherat yang panjang lebih mulia bila dibandingkan kehidupan dunia yang fana,” ujarnya.

Untuk itu, dia mengajak, di sepuluh hari terakhir saling bahu-membahu merengkuh ridlo Allah SWT. Tidak ada kerugian sekecil apapun, bila memanfaatkan Ramadhan dengan amalan sepenuh hati. Ada begitu banyak sebutan bulan Ramadhan yang mulia ini.

Antara lain Ramadhan sebagai yaumul rohmah (bulan penuh rahmat), yaumul Maghfiroh (bulan penuh pengampunan), yaumul itqum minanar (bulan dimana tidak tersentuh api neraka).
Termasuk pada bulan Ramadhan telah diturunkan Al-Qur’an sehingga disebut Nuzulul Quran. Al-Qur’an menjadi penerang bagi umat manusia yang dalam kegelapan, baik untuk kehidupan di dunia maupun di akherat.

“Lewat Quran, keselamatan dunia akherat akan terjamin bila kita menerapkannya dalam hidun dan kehidupan di dunia ini,” tandasnya.

Peringatan Nulul Quran di hadiri Kepala desa Klampis Winarsih. Dia mengajak masyarakatnya untuk merenungkan kembali kehidupannya apakah sudah sejalan dengan perintah Allah SWT sebagaimana tertuang dalam Al-Qur’an apa belum?

Ribuan masyarakat Klampis dengan semangat dan khitmat mengikuti pengajian ini yang digelar di halaman Masjid Baitul Mukaromah Klampis hingga pukul 24.00.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: