Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mendapat bintang kehormatan

Jakarta, NU Online Ibu Hj Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mendapat bintang kehormatan dan bintang jasa Adipradana atas jasa-jasanya selama mendampingi Gus Dur sebagai Presiden RI ke-4 pada tahun 1999-2001. Penghargaan tersebut diberikan karena Ibu Shinta dinilai telah penuh dedikasi dalam mendampingi Gus Dur untuk mengabdi kepada bangsa dan Negara.

Selain itu Ibu Shinta juga berperan besar dalam memprjuangkan kemanusiaan dan kemasyarakatan yang dilakukan oleh Gus Dur selama ini. Karena itu dia layak mendapat bintang kehormatan dan bintang jasa tersebut.

Hanya saja kalangan DPR mempertanyakan alasan pemberian tanda kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana kepada Ibu Negara Ani Susilo Bambang Yudhoyono, karena Ani dianggap belum ada pengabdiannya untuk kemanusiaan maupun kemasyarakatan, kecuali mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ini menunjukkan bahwa di bawah kepemimpinan SBY ternyata tidak lebih baik dibanding era Orde Baru, di mana Soeharto tidak sembarangan memberikan bintang jasa.

Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Desmon J Mahesa pun mempertanyakan pemberian penghargaan kepada Ani Yudhoyono yang juga istri Presiden SBY tersebut. “Apa prestasi Ani Yudhoyono dari sisi kemanusiaan dan kemasyarakatan? Penghargaan itu penghargaan apa? Ini namanya jeruk makan jeruk,” tandas Desmon pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Jumat (12/8).

Menurut Desmon, pemerintahan SBY ini lebih parah. Sebab di era Soeharto, Ibu Tien yang memiliki gagasan untuk membangun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saja tidak pernah diberikan penghargaan oleh suaminya itu. Pemberian penghargaan kepada Ani Yudhoyono terkesan bernuansa politik.

“Itu terkesan hanya untuk mengangkat popularitas Ani Yudhoyono, karena akan diusung sebagai calon presiden. Jadi Ani Yudhoyono itu perlu di-upgrade, biar tambah populer,” kata Desmon kecewa.

Presiden SBY menyematkan bintang kehormatan dan bintang jasa kepada beberapa tokoh. Tokoh yang mendapat penghargaan di antaranya adalah Ibu Negara Ani Yudhoyono, Ketua MPR Taufiq Kiemas dan Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid istri almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Presiden ke-4 RI dan Sekjen DPD RI Siti Nurbaya Bakar. Mereka menerima penganugerahan bintang Republik Indonesia Adipradana.

Sebuah penghargaan yang diberikan untuk menghargai mereka yang secara luar biasa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”Para pendamping (istri/suami) kepala negara mendapatkan tanda jasa. Ibu Ani dinilai berjasa dalam mendampingi Presiden SBY selama 7 tahun,” jelas Julian Aldrian Pasha juru bicara kepresidenan RI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)