Ulama Kutuk Aksi Pembongkaran Makam Sahabat Nabi di Suriah

KAIRO – Institusi keagamaan Al-Azhar yang berbasis di Kairo, Mesir, beserta mayoritas ulama di seluruh pelosok dunia mengutuk aksi biadab penghancuran dan pembongkaran makam salah seorang sahabat Nabi Muhammad, Hujr ibn Adi, di Damaskus, Suriah, baru-baru ini.

Juru bicara Al-Azhar Syekh Manshur Mandur mengatakan, bahwa lembaga Al-Azhar sangat mengecam aksi apapun yang menghinakan jasad orang yang sudah meninggal, terlebih lagi jasad seorang sahabat Nabi yang berkedudukan sangat mulia.

“Itu perbuatan haram, terlebih jika dilakukan terhadap makam sahabat Nabi Hujr bin Adi,” kata Manhur sebagaimana dilansir kantor berita Fars (4/5).

Sementara itu, Syekh Ahmad al-Qafthan, kepala Jam’iyyah Qauluna wal Amal Lebanon, juga mengutarakan kecaman serupa. Dikatakan oleh al-Qafthan, pelaku penghancuran tersebut tidak memahami hakikat ajaran Islam, meski perlakuan tersebut atas nama pemurnian ajaran tauhid dan pemusnahan praktik syirik.

Kecaman yang sama juga datang dari Syekh Hussam Shu’aib. Beliau mengutuk aksi jemaat takfiri yang tidak menghinakan tempat-tempat yang seharusnya dimuliakan, menghancurkan kuburan-kuburan sahabat dan orang shalih.

“Penghancuran makam sahabat Hujr ibn Adi adalah kejahatan keji dan penghinaan terhadap sejarah Islam,” kata Shu’aib.

Ketua Dewan Syura Iran, Ali Larijani, juga mengecam aksi tersebut. Larijani mengecam penodaan tempat suci agama, terutama menghancurkan makam Sahabat Hujr ibn Adi yang dilakukan sekelompok orang di Suriah.

Sebagaimana ramai diwartakan, pada Kamis lalu, sejumlah orang menyerang makam Hujr bin Adi di Rif, Damaskus. Jasad sahabat Nabi SAW yang menurut keterangan beberapa situs berita masih utuh seperti awalnya itu dipindahkan ke tempat tak diketahui.

Hujr bin Adi adalah salah seorang shahabat Nabi Muhammad SAW yang ikut dalam Perang Al Qadisiyah di masa Khalifah Umar bin Khatthab dan berhasil menaklukkan daerah Maraj Al’ Adzra, daerah Persia. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: