Uniknya PilkaNU, Pemilihan Pengurus NU Langsung dari Mergosari, Wonosobo

WONOSOBO – Proses pemilihan pengurus NU yang dilakukan di Desa Mergosari Kecamatan Sukoharjo tergolong unik dan beda karena pemilihannya dilaksanakan secara langsung seperti layaknya pemilihan umum (Pemilu).

Proses pelaksanaan pemilihan Syuriyah dan Tanfidziyah yang disebut PilkaNU dilaksanakan melalui proses yang cukup panjang dari perencanaan sampai pelaksanaan pemilihan.

Sebelum menjalankan hajat yang dibilang lumayan besar di desa Mergosari tersebut, panitia harus melakukan beberapa proses yang cukup panjang. Salah seorang panitia sekaligus seorang carik desa, Gatot Sudarto, mengatakan, ada dua prosesi acara yang dilakukan yaitu musyawarah dan perencanaan pelaksanaan PilkaNU dan rangkaian kegiatan PilkaNU.

Dijelaskan olehnya, dalam proses musyawarah dan perencanaan pelaksanaan PilkaNU, pemilihan langsung, bukan gagasan yang datang secara tiba–tiba. Ia menambahkan bahwa pemilihan sudah pernah dilaksanakan satu periode yang lalu, tepatnya lima (5) tahun yang lalu, yaitu tahun 2008, dimana rais syuriyah dan ketua tanfidziyah dipilih secara langsung, dan pada periode tahun ini 2013 proses PilkaNU dilaksanakan lebih meriah.

Keputusan untuk melaksanakan PilkaNU secara langsung awalnya dibahas pada pertemuan rutin NU Ranting Desa Mergosari pada hari Jum’at pahing 29 Maret 2013, di Masjid Jami Al Mangun, pada saat itu diputuskan akan melaksanakan reorganisasi dengan cara pemilihan langsung sekaligus membentuk panitia pelaksana.

Keputusan tersebut ditindaklanjuti dengan rapat panitia pada hari Selasa pon tanggal 9 April 2013 untuk membahas hal–hal teknis terkait dengan pelaksanaan PilkaNU. Pada rapat tersebut di putuskan jumlah pasangan calon Syuriyah dan Tanfidziyah serta rangkaian kegiatan PilkaNU.

Setelah melewati proses yang panjang tepat pada 5 Mei, setelah lebih dari 500 kepala keluarga memberikan hak memilihnya di hajatan besar warga NU tersebutdan dilakasanakan di empat  Tempat Pemilihan Suara (TPS) di masing–masing dusun

Sebelum pemilihan rais dan ketua tanfidziyah telah dilaksanakan proses konferensi organisasi sosial keagamaan, penyampaian LPJ Pengurus NU Ranting Desa Mergosari Periode 2008 – 2013 oleh para pengurus dan panitia pelaksanaan kegiatan.

Didalamnya terdapat berbagai macam kegiatan, salah satunya Laporan Pertanggungjawabang Pengurus periode tahun 2008 – 2013 oleh ketua tanfidziyah, lalu dilanjutkan dengan tanggapan dan pandangan umum atas penyampaian LPJ, dan terakhir tanggapan balik oleh pengurus.

Selanjutnya dilakukan pernyataan demisioner pengurus oleh MWC NU Kecamatan Sukoharjo dan yang terakhir adalah pembekalan oleh syuriyah PCNU Kabupaten Wonosobo.

Hasil pemilihan menempatkan pasangan Amin Sururi dan Joko Hadi S untuk memimpin NU selama lima tahun ke depan yang memperoleh suara 265 sementara pasangan lain M Ilyas/ A Sya’roni  memperoleh 87 suara, M Irham/Afif Aminuddin memperoleh 78 suara dan Taufik Yasir/Ridho memperoleh 75 suara.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)