Ikatan Santri Kempek Gelar Halal bi Halal

CIREBON – Sekurangnya 300 jamaah yang terdiri dari para santri, alumni dan tokoh masyarakat menghadiri acara Halal Bihalal ke-9 Ikatan Santri dan Alumni Astanajapura (Istajap) Pondok Pesantren Kyai Haji Aqiel Siroj (KHAS) Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (2/8) malam.

Ketua panitia, Obid Qobidurrizki menjelaskan, acara yang digelar di halaman Madrasah Diniyah Wathoniyah Desa Rawaurip Kecamatan Pangenan Cirebon ini merupakan wadah silaturahim bagi para santri dan alumni Pondok Pesantren Kempek yang berasal dari Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon dan sekitarnya, selain itu juga sebagai media syiar kepesantrenan secara langsung di tengah-tengah masyarakat.

“Mudah-mudahan acara seperti ini mampu memberi semangat bagi kita semua para santri, untuk tetap memegang teguh amanat dan petuah dari para kiai di pesantren, kemudian di teruskan kepada keluarga kami dan masyarakat pada umumnya,” jelas Obid dalam sambutannya.

Hal senada juga diungkapkan oleh tokoh sepuh setempat, KH Sirojudin. Dia mengatakan, acara seri kepesantrenan yang mulai jarang di tengah-tengah masyarakat umum ini harus dibangkitkan kembali, dengan tujuan, pesantren turut membantu pembentukan karakter dan akhlak masyarakat secara langsung melalui para santri dan alumninya.

“Halal bihalal ini diharapkan menjadi penghubung yang baik bagi kami kalangan masyarakat untuk mengikuti keilmuan yang diberikan dan berkembang di pesantren. Kami menyambut baik acara ini sebagai tradisi yang baik yang patut dipertahankan,” ungkap Kiai Siroj.

Halal Bihalal Istajap kali ke sembilan ini dihadiri oleh pimpinan Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon, KH Muhammad Bin Ja’far, serta diisi ceramah keagamaan oleh KH Niamillah Aqil Siroj.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: