IPNU-IPPNU Universitas Negeri Semarang Gelar Latihan Kader Muda

SEMARANG – Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Negeri Semarang, Sabtu (29/11), memberikan bekal kepada kader mahasiswa setempat untuk lebih siap menghadapi tantangan ke depan melalui Latihan Kader Muda (Lakmud).

Jenjang kedua kaderisasi dalam kedua badan otonom NU tersebut digelar di Nyatnyono, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. “Peserta tidak hanya diberikan bekal materi saja, namun juga diajak untuk menganalisis permasalahan yang terjadi sekarang ini,” tutur Moh Adibusshofa, ketua PKPT IPNU Universitas Negeri Semarang.

Pada tahun ini, panitia mengangkat tema “Meningkatkan Peran Pemuda Nahdliyin dalam Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Umat Beragama di Indonesia” dengan maksud agar kader NU dapat menjadi kelompok yang humanis dan toleran. “Kesatuan dan keutuhan NKRI harus dijaga sehingga pemuda NU harus meminimalisir adanya gesekan budaya ataupun antarkelompok,” jelas Shofa.

Sejak pra pemilihan umum (pemilu), keutuhan dan kesatuan NKRI menjadi pembahasan yang hangat, sehingga kader IPNU-IPPNU itu perlu memiliki pengetahuan yang mendalam soal sejarah perjuangan ulama dalam mempersatukan NKRI. “Dengan pengetahuan yang mendalam tentang NKRI kader NU akan menambah semangat nasionalisme dan cinta tanah air,” terangnya.

Saroful Anam, ketua panitia kegiatan tersebut mengungkapkan, materi yang diberikan kepada peserta meliputi antara lain, Ahlussunah wal Jama’ah, ke-NU-an, IPNU-IPPNU, wawasan kebangsaan, jurnalistik, teknik sidang hingga mendiskusikan problem kenaikan BBM.

“Peserta diajak untuk berfikir kritis dan mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah yang ada sekarang serta mampu memberikan solusi yang solutif dan kongkrit,” ungkapnya.

Turut hadir pemateri dalam kegiatan tersebut,  KH Fadholan Musyaffa’, H. Muhlisin Bisri, Winardi, Farida Faricha, Moh. Ichwan, dan M. Kridaanto.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: