KH Nuril Huda: Kembalikan PMII ke NU Segera!

JAKARTA – Salah seorang pendiri Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) KH Nuril Huda, mengharapkan PMII untuk kembali ke Nahdatul Ulama (NU). Alasannya, PMII memang dilahirkan dari “rahim” NU.

“PMII adalah anak kandung NU maka sewajarnya untuk kembali ke NU (secara organisasi, red). Saya sebagai pendiri NU paham kenapa dulu PMII harus independen,” ujarnya pada acara peluncuran kepengurusan baru PB PMII di Jakarta, Senin (11/8) malam.

Dikatakan, keputusan untuk independen dari NU tahun 1972 diambil karena jika tidak PMII terancam diberangus akibat suasana politik saat itu. “Kalau saat ini situasinya berbeda, maka ada baiknya kita merapat,” tandasnya.

Dia khawatir jika PMII tetap dengan keputusannya untuk independen akan terjadi ketidaksinkronan antara PMII dan NU.

“Seingat saya dulu saat muktamar di Situbondo, ada usulan untuk membuat organisasi mahasiswa. Namun tidak dilakukan karena mengingat NU memiliki tujuan yang sama dengan PMII yakni berdasarkan Ahlisunnah Waljamaah,” jelasnya.

Tidak hanya menyinggung tentang indepedensi PMII, sesepuh PMII ini juga mengapresiasi keberadaan PMII yang langgeng hingga saat ini. Itu menandakan PMII tetap turut serta mengawal NKRI dengan pedoman Pancasilanya.

“Itu yang terpenting, PMII harus menolak kelompok-kelompok radikal yang membahayakan NKRI. Termasuk ISIS, sehingga harus ditolak tegas. Ketegasan untuk berjuang menjaga NKRI inilah yang membuat PMII bertahan hingga 54 tahun sekarang,” pungkasnya.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: