LP Maarif Didesak Wajibkan Ubah OSIS jadi IPNU/IPPNU

KUDUS – Kendala kaderisasi pada tingkat pelajar di lingkungan Nahdlatul Ulama masih dialami sejumlah badan otonom NU yang menangani bidang tersebut, Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU).

Sebagaimana yang dikeluhkan Pimpinan Anak Cabang IPNU Kecamatan Gebog, Kudus Jawa Tengah. “IPNU di tataran pimpinan ranting memang masih bisa diharapkan kadernya, tapi untuk komisariat di sekolah-sekolah, kami mengalami kesulitan untuk menyemai kader di sana,” terang Muhammad Noor Aris, Ketua PAC IPNU Kecamatan Gebog, Jumat (23/5).

Aris pun mengharap ketegasan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU untuk membantu proses pengkaderan IPNU-IPPNU di madrasah. “Saya pikir LP Ma’arif perlu membuat ketegasan agar seluruh sekolah yang ada di bawah naungannya mengganti OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dengan Pimpinan Komisariat. Ini demi membantu pengkaderan IPNU-IPPNU di lingkup sekolah,” paparnya.

Hal ini selaras dengan pandangan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Kudus Drs. H. Abdul Hadi yang menyampaikan perlunya NU beserta badan otonomnya menyatu dengan pihak madrasah setempat. Penyatuan ini dinilai efektif untuk memperkuat paham Ahlussunah wal Jama’ah (Aswaja) dan kegiatan yang lebih terorganisir.

“Sekaligus bisa menampakkan betapa besarnya kekuatan kita di masyarakat. Jika demikian maka juga akan bisa mempermudah untuk kita mengadakan kegiatan bersama,” ungkapnya saat silaturahmi ke Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) Kecamatan Gebog, Kudus, Jumat.

Untuk itu, Abdul Hadi mengatakan bahwa kepala madrasah di bawah naungan LP Ma’arif harus berlatar belakang kader NU, untuk mempermudah pergerakan NU. “Terkait IPNU-IPPNU, jika hal ini terjadi maka akan meniscayakan pengajuan membentuk Pimpinan Komisariat langsung bisa disahkan Kepala madrasah yang NU tersebut,” tegasnya. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)