LPTNU Se-Jatim Gelar Bimtek Siakad & Pemanfaatan IT

JEMBER – Dalam rangka meningkatkan kemampuan pengelolaan Sistem Informasi Akademik (Siakad), Universitas Islam Jember (UIJ) bekerja sama dengan Lajnah Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Jawa Timur menggelar bimbingan teknik (Bimtek) bagi tenaga operator, dosen dan mahasiswa di aula Unej.

Bimtek tersebut sudah berlangsung sejak sepekan lalu, dan mendapat sokongan penuh dari tenaga IT Universitas Jember. Menurut Pembantu Rektor UIJ, Muhammad Qurtubi, Unej telah mengirimkan sejumlah tenaga IT-nya sebagai pemandu Bimtek.

“Kebetulan Pak Hasan (Muhammad Hasan, Rektor Unej) adalah Ketua LPTNU Jatim,” ujarnya di kampus UIJ, Jember, Senin (14/7).

Menurut Qurtubi, selain UIJ, enam perguruan tinggi NU (PTNU) lainnya juga menggelar Bimtek serupa, untuk memacu peningkatan kemampuan personil pengelolanya dalam memanfaatkan IT. Keenam PTNU tersebut adalah STAIFAS (Kencong), STAIQOD (Gebang, Jember), Ibrahimy (Genteng, Banyuwangi), STAIDA (Blokagung, Banyuwangi) dan STAIS (Wonorejo, Lumajang).

Ia mengatakan, di banding perguruan tinggi swasta lain, PTNU Jawa Timur memang masih tertinggal dalam penerapan manajemen dengan pamanfatan IT. “Kendati demikian, sejumah anggota PTNU yang lain sudah maju luar biasa IT-nya, seperti Unisma, Malang; dan Unsuri, Surabaya,” ujarnya.

UIJ menargetkan, setelah Bimtek tersebut, jajaran pengelola UIJ bisa segera beradaptasi dengan kemajuan IT sehingga pengelolaan Siakad makin sempurna. “Mulai September nanti, insyaallah kami sudah bisa menerapkannya,” kata Miftahul Hakim, anggota Tim Siakad UIJ.

Sumber: NU Online

1 thought on “LPTNU Se-Jatim Gelar Bimtek Siakad & Pemanfaatan IT”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: