NU Jember Dorong Kadernya Masuk Bursa Pilkada

JEMBER – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember akan mendorong kadernya sendiri untuk masuk dalam bursa Pemilukada Jember tahun depan. Hal tersebut dikemukakan Wakil Ketua PCNU Jember KH Misbahussalam menanggapi “gonjang-ganjing” Pemilukada Jember menyusul munculnya sejumlah nama bakal calan (balon) yang sudah memasang alat peraga di sejumlah titik strategis.

Menurut H. Misbah –sapaan akrabnya—NU Jember mempunyai banyak tokoh yang layak menjadi nahkoda Jember, misalnya Moch. Eksan (Wakil Sekretaris PCNU, Anggota DPRD Jawa Timur), Nur Yasin (politisi PKB, pengusaha), Asmuji (Wakil Ketua PCNU, Direktur Politeknik Banyuwangi) dan Arum Sabil (tokoh NU, pengusah).

“Saya kira, NU tidak kekurangan stok untuk calon pemimpin Jember, dan loyalitas mereka kepada NU, sudah terbukti,” tukasnya kepada NU Online di kantor PCNU Jember, Selasa (26/8).

H. Misbah menambahkan, selain loyalitas yang menjadi ukuran kader untuk didukung NU, juga soal kapabilitas, integritas dan akhlaq sangat penting dimiliki oleh balon dari NU. Dikatakan H. Misbah, kendati NU adalah ormas keagamaan, namun kader-kadernya mempunyai kapasitas untuk menjadi pemimpin formal.

“Yang juga penting, mereka mempunyai sumberdaya politik yang memadai, dan saya yakin Jember bisa. Kalau Banyuwangi (yang dipimpin Bupati Azwar Anas, kader asli NU) dan Bondowoso (yang dipimpin Bupati Amin Said Husni, kader asli NU) bisa. Kenapa Jember tidak,” ucapnya.

Kendati demikian, H. Misbah belum memikirkan mekanisme pengerucutan dari nama-nama tokoh yang ada untuk didorong maju dalam Pemilukada Jember tahun depan. “Apa pakai sistem konvensi, atau bagaimana. Yang pasti, satu nama yang kita sepakati nanti harus didukung oleh NU,” ucapnya

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: