PC GP Ansor Way Kanan Gelar Pelatihan Daya Guna Limbah Botol

WAYKANAN – Ketua GP Ansor Way Kanan meminta kader Ansor untuk mencintai lingkungan. Ia menilai pemeliharaan lingkungan hidup memberikan maslahat bagi individu serta kualitas lingkungan hidup mendatang. Secara konkret Gatot mengajak kadernya untuk memanfaatkan limbah rumah tangga di daerah masing-masing.

“Banyak sampah anorganik seperti botol minuman berenergi hingga sirup tidak bisa dimanfaatkan. Dijual juga tidak laku. Makanya banyak pemulung tidak mengambilnya,” kata Gatot Arifianto yang bergelar adat Lampung Ratu Ulangan itu di Blambangan Umpu, Sabtu (6/12).

Gatot menambahkan, jajaran GP Ansor Way Kanan telah berdiskusi perihal pemeliharaan lingkungan. Ia menginstruksikan kader Ansor untuk bisa memanfaatkan limbah tersebut.

“Para kader Ansor dan Banser Way Kanan di setiap pimpinan anak cabang dan Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) diharapkan mengumpulkan limbah botol minuman energi hingga sirup. Jika terkumpul 5.000 botol, GP Ansor Way Kanan akan menukarnya dengan mesin pencuci mobil  yang bisa digunakan untuk mencuci sepeda motor,” ujarnya lagi.

Ia menambahkan, Pimpinan Cabang GP ANSOR Way Kanan bukan mendorong kader jadi pemulung. “Memaknainya jangan demikian, namun siapa yang menanam akan memanen. Siapa berusaha akan dapat hasil. Bayangkan jika tanah penuh botol yang tidak laku dijual, tentu akan mengerikan. Karena itu, gunakan hal tidak bernilai menjadi bernilai. Saya pribadi menilai menjadi pemulung  yang benar itu mulia, tidak nista, ‘bersih’ meski kotor, tidak ‘bersih’ tapi kotor seperti para koruptor,” ujar Gatot lagi.

Ansor Way Kanan, kata Gatot, mengajak kader mengubah sampah atau limbah jadi rupiah. Menurutnya, mesin pencuci mobil atau sepeda motor hasil dari botol-botol limbah nantinya harus dimanfaatkan untuk membuka jasa cuci kendaraan.

“Ada 14 kecamatan di Way Kanan. Jika semua PAC Ansor atau Satkoryon Banser bisa memiliki jasa cuci kendaraan, Ansor Way Kanan akan menjadi organisasi pemuda yang mandiri. Untuk menanam padi, petani berani kotor, dan hasilnya jelas, kebutuhan pokok manusia. Fakta singkat mengenai petani tersebut harus dicamkan kader Ansor Way Kanan,” demikian Gatot Arifianto.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)