Ponpes Bahrul Ulum Jombang Siapkan Kader Jurnalis

JOMBANG – Sedikitnya seratus santri pondok induk pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, mengikuti pelatihan jurnalistik di masjid jami’ pondok setempat, Senin (24/11) malam. Mereka terdiri dari santri putra setingkat SMP dan SMA.

Menurut koordinator kegiatan Zulkarnain Mu’iz, pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan santri Pondok Induk Pesantren Bahrul Ulum dalam bidang jurnalistik.

“Setelah kegiatan ini, kami akan menyeleksi dari mereka yang mempunyai kemampuan dan minat besar untuk terus dilatih hingga bisa menerbitkan sebuah karya,” kata Zulkarnain, yang juga pengurus pondok.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 19.30 hingga 21.15 ini, difasilitasi oleh Muslimin Abdilla. Pimpinan umum media Jombang NU Online ini menjelaskan secara terperinci tentang pers dan jurnalistik,  teknik menulis berita, hingga praktik menulis berita.

“Menulis itu gampang. Jadi sekarang mari kita praktik menulis berita,” ajak Muslimin kepada peserta setelah menjelaskan materi.

Setelah diberi waktu lima belas menit, peserta kemudian diminta mengumpulkan berita hasil tulisannya masing-masing. Muslimin mengoreksi beberapa tulisan peserta dan memberikan masukan agar bisa diperbaiki.

“Ini masih permulaan, setelah ini nanti silakan belajar sendiri. Bertanyalah apabila belum paham kepada yang lebih mengerti,” ujar praktisi media ini.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: