RMI NU Jateng Akan Gelar Bedah Buku Laskar Ulama-Santri

Semarang – Pengurus Wilayah Rabithah Ma’ahid Islamiyyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Jawa Tengah akan mengadakan bedah buku “Laskar Ulama-Santri dan Resolusi Jihad, Garda Depan Menegakkan Indonesia (1945-1949)” karya Zainul Milal Bizawie.

Ketua PW RMI Jateng Abdul Ghaffar Rozin bersama pengurus harian lainnya telah berkoordinasi dengan tim teknis pelaksana bedah buku. Rencananya, bedah buku akan dilaksanakan di auditorium I IAIN Walisongo Semarang, Jateng, pada 8 April 2014 pukul 08.00 WIB.

Gus Rozin, panggilan akrab Abdul Ghaffar Rozin, mengatakan, kegiatan tersebut penting diselenggarakan untuk mengurai problem kesejarahan di Indonesia yang dinilai masih memingirkan kaum santri.
“Ada upaya sistematis untuk menghapus peran pesantren dalam sejarah nasional,” ungkap Gus Rozin. Menurutnya, diskusi ini akan mengungkap peran ulama, santri dan pesantren di era perjuangan kemerdekaan bangsa ini.

“Perlu adanya upaya pelurusan sejarah dari sekian peristiwa dalam andil Nahdlatul Ulama terhadap negara,” tambahnya. Rozin menilai, NU sebagai organisasi masyarakat menjadi kendaraan masif dalam sosialisasi Resolusi Jihad sehingga menelurkan peristiwa 10 November 1945.

Rozin mengatakan, mahasiswa yang potensial menjadi kontrol sosial dan memiliki semangat tinggi dalam mendobrak kemapanan perlu memperoleh pengetahuan terkait berbagai nilai-nilai perjuangan laskar santri yang telah mengorbankan nyawa, keluarga, serta harta demi tumpah darah Tanah Air tercinta.

Akan hadir sebagai pembanding dalam bedah buku ini, seorang antropolog dari Universitas Diponegoro Prof Mudjahirin Thohir dan penulis buku, Zainul Milal Bizawie. Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: