Said Aqil: Mari Bersama-sama Jadikan Kedamaian Ambon

Jakarta, NU Online 
Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj, berharap situasi kondusif yang mulai tercipta di Kota Ambon, Maluku, pasca terjadinya kerusuhan antar warga beberapa hari lalu bisa terus dipertahankan. Kiai Said juga meminta semua pihak pro aktif memberikan sumbangsih nyata, agar kerusuhan yang sama tak lagi terulang di waktu mendatang.

“Sebisa mungkin kerusuhan (kemarin) itu yang terakhir. Jangan sampai ada lagi kerusuhan di Ambon. Mari bersama-sama kita membantu, agar harapan Ambon terus aman di waktu mendatang menjadi kenyataan,” seru Kiai Said melalui pesan singkat, di sela kegiatannya menghadiri International Meeting for Peace di Jerman, Selasa, 13 September 2011.
Untuk terciptanya situasi kondusif di Ambon secara terus-menerus, Kang Said, demikian Kiai Said masyhur disapa, meminta semua pihak yang memiliki kerenggangan hubungan di masa lampau menahan diri. Seluruh elemen masyarakat di Ambon juga diminta tak mudah terprovokasi, terhadap munculnya isu-isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Untuk menciptakan Ambon yang aman, bukan hanya mereka yang dulu terlibat konflik yang harus pro aktif menahan diri atas munculnya isu. Semua lapisan masyarakat, termasuk yang di luar Ambon juga harus ikut menjaga agar kerusuhan benar-benar tak lagi terulang,” urai Kang Said mengenai pemikirannya menjadikan Ambon kembali aman.

Hal penting yang juga disampaikan Kang Said mengenai harapan Ambon benar-benar aman adalah dipupuknya kerukunan antar umat beragama. Pemerintah pusat dan pimpinan di Ambon didorong untuk terus mempertahankan dan memunculkan terobosan baru guna terjaganya hubungan harmonis antar umat beragama. “Syukur Nahdliyin di Ambon bisa membantu secara nyata. Itu akan menguatkan citra NU sebagai civil society yang mengajarkan Islam itu damai,” tegasnya.

Kang Said mewaikili institusi PBNU juga mendukung upaya aparat kepolisian sebagai penegak hukum untuk terus melakukan penjagaan, sampai Ambon benar-benar aman. Namun kepolisian juga diingatkan tak berlaku semena-mena saat melakukan pengamanan, agar tidak memicu munculnya kebencian masyarakat, yang dikhawatirkan justru menjadi penyebab terjadinya kerusuhan baru.

“Tidak hanya melakukan pengamanan dengan baik. Polisi juga harus secepatnya memberlakukan proses hukum yang adil, apabila hasil analisa kerusuhan (kemarin) itu memang ada pihak yang patut dipersalahkan. Berikan masyarakat kepuasan, polisi memang bisa bekerja dengan baik untuk keamanan di Ambon,” tuntas Kang Said.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this:
:)