Sekjend PBNU 2004-2009 Raih Gelar Guru Besar Riset

JAKARTA – Sekjen PBNU masa khidmah 2004-2009 Dr Endang Turmudzi dikukuhkan sebagai profesor riset di bidang sosiologi. Ia dikukuhkan sebagai profesor riset bersama dua ilmuwan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang lain, Dr Herman Hidayat dan Dr Yanni Sudiyani.

Dalam prosesi pengukuhan di Auditorium LIPI, kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (15/12), Endang Turmudzi menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Dinamika Islamisme dalam Perkembangan Masyarakat Indonesia Modern”.

Ia menyampaikan, islamisme berkembang di Indonesia sesuai dengan perkembangan masyarakat Indonesia sendiri. Perkembangan Islam berlangsung secara dinamis dan umat Islam saat ini telah mempraktekkan Islam secara menyeluruh.

Namun pada sisil yang lain, islamisme di Indonesia telah melahirkan berbagai kelompok di kalangan umat Islam yang seringkali memicu konflik antar satu dengan yang lainnya.

Prof Endang Turmudzi dalam orasinya memberikan catatan khusus kepada para pemimpin organisasi Islam seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah untuk membawa islamisme pada persatuan umat Islam dan perdamaian dunia.

Profesor riset lainnya Herman Hidayat juga dikukuhkan menjadi profesor di bidang sosiologi. Keduaanya sama-sama dari Pusat Penelitian Kemasyarakatan LIPI. Sementara Yanni Sudiyani dari Pusat Penelitian Kimia dikukuhkan menjadi profesor di bidang biologi.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: