Waketum PBNU: Ini 5 Kekuatan NU Sekarang

YOGYAKARTA – Dalam acara syawalan dan pamitan jamaah calon haji warga NU DIY, Ahad siang (9/7), Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH DR As’ad Said Ali menekankan lima kekuatan NU di masa sekarang ini.

“Saat ini, Nahdlatul Ulama memiliki lima kekuatan utama yang jika itu semua bisa dimanfaatkan, akan menjadi kekuatan yang luar biasa,” ujar As’ad di hadapan para pengurus NU DIY, para kiai pemimpin pondok pesantren DIY dan calon jamaah haji DIY di SD NU Yogyakarta.

“Kekuatan pertama adalah para kiai, santri dan para alumni pesantren yang menjadi sumber moralitas dan sumber kebijakan bagi kita semua. Kedua, adalah para intelektual yang ahli dalam berbagai macam ilmu pengetahuan. Saat ini, NU telah memiliki para intelektual muda yang berkompeten di bidangnya,” terang As’ad yang pernah tercatat sebagai santri Krapyak.

Kemudian, kekuatan ketiga NU saat adalah para pengusaha NU yang kini semakin banyak. Selanjutnya, kekuatan keempatnya ialah para birokrat yang berlatar belakang NU yang juga semakin banyak jumlahnya.

“Terakhir, kekuatan kelima Nahdlatul Ulama adalah para politikus yang tersebar di berbagai partai politik di Indonesia,” tandas As’ad.

Acara yang digelar di halaman SD NU Yogyakarta tersebut dihadiri oleh jajaran pengurus PWNU DIY, baik dari Syuriyah dan Tanfidiyahnya. Selain itu, hadir juga para kiai dan bu nyai yang memimpin pesantren-pesantren di DIY.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: