1.400 Orang Ikut Mudik Gratis Bareng NU

Jakarta, Memasuki waktu pendaftaran Mudik Bareng NU 2015 hari ini, kantor PBNU Kramat Raya Jakarta dipadati para calon pemudik yang ingin mendaftarkan diri. Dengan membawa fotokopi KTP dan Kartu Keluraga (KK), mereka antri hingga berjam-jam demi bisa mengikuti program PBNU yang dikelola LTMNU dari tahun 2010 ini.

“Ada sebanyak 1.400 orang yang akan ikut mudik bersama NU, mereka sudah mendapatkan formulir pendaftaran yang akan ditukarkan dengan tiket tanggal 6 Juli mendatang,” ujar Koordinator Mudik Gratis, Mujahidin di sela-sela kesibukannya melayani calon pemudik, Rabu (1/7) di Kantor LTMNU lantai 4 Gedung PBNU Jakarta.

Mujahidin juga menerangkan, bahwa posko mudik berbasis masjid juga telah disediakan oleh pihaknya dengan menggandeng para Muharrik masjid. Dia menambahkan, para pemudik nanti akan dilayani sepenuhnya oleh para pengurus dan remaja masjid di posko tersebut. 

Sementara itu, Sekretaris LTMNU, H Ibnu Hazen menuturkan, program mudik gratis ini akan terus digulirkan setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan mudik para perantau di Jakarta dan sekitarnya yang sebagian besar dari mereka adalah warga NU.

“Sudah tugas kami untuk melayani dan menyapa umat. Selain itu, program ini juga untuk mendukung pemerintah dalam mengurangi angka kecelakaan mudik dari pemotor yang semakin bertambah setiap tahun,” terangnya.

PBNU telah menyediakan 30 armada bus dengan 30 kota tujuan, termasuk 2 bus khusus untuk karyawan PBNU. 

Adapun rincian kota tujuannya yaitu, Jawa Timur terdiri dari 13 kota tujuan, yakni Banyuwangi via Situbondo, Banyuwangi via Jember, Probolinggo via Pasuruan, Sumenep via Suramadu, Sampang via Suramadu, Surabaya-Bungurasih, Malang via Kediri-Blitar, Mojokerto via Ngawi-Jombang, Pacitan via Madiun-Ponorogo, Gresik via Lamongan, Tuban via Rembang, Blitar via Tulungagung, Bojonegoro via Cepu.

Jawa Tengah terdiri dari 12 kota tujuan, yakni Wonogiri via Sukoharjo, Solo via Salatiga, Yogyakarta, Purworejo via Kebumen, Magelang via Temanggung, Wonosobo via Banjarnegara, Purwokerto via Bumiayu, Rembang via Kudus, Jepara via Demak, Semarang via Kendal, Batang via Pekalongan, Tegal via Tol Cipali.

Sedangkan Jawa Barat, yakni Cilacap via Banjar-Ciamis, Kuningan via Majalengka, dan Cirebon via Indramayu, dan 2 bus karyawan khusus PBNU yaitu tujuan Surabaya via Gresik serta jurusan Madiun via Magetan. (Fathoni)

 

Foto: Suasana antrian calon pemudik di depan kantor LTMNU.

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)