1.5 Juta Peziarah Makam Tebu Ireng Per Tahun

JOMBANG – Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah mengatakan, sebanyak 1,5 juta peziarah atau wisatawan datang ke Makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) setiap tahunnya.

“Ada sekitar 3 ribu hingga 5 setiap harinya masyarakat yang melakukan ziarah. Jumlah itu akan semakin banyak ketika musim liburan. Jika dihitung sekitar 1,5 juta peziarah datang setiap tahunnya,” ujar Gus Sholah di hadapan Gubernur Soekarwo, Bupati Jombang Nyono Suharli dan Tiga Menteri yang nampak ikut hadir dalam peringatan Haul meninggalnya Gus Dur, Senin (5/1) malam.

Karenanya pemerintah diharapkan ikut membantu menyelesakan pembangunan lahan parkir dan Museum Nusantara sebagai pelayanan kepada peziarah.

Adik kandung Gus dur ini mengungkapkan, untuk melengkapi kawasan wisata religi makam Gus Dur ini. Pesantren tebuireng telah membebaskan  lahan seluas 5 hektar untuk lahan parkir dan Museum Nusantara.

“Di belakang sudah ada tanah seluas 5 hektar yang telah dibebaskan, yang akan digunakan untuk lahan parkir para peziarah. Dan kini proses penyelesaian pembangunan telah berjalan,” ujar adik kandung Gus Dur ini

Di samping lahan parkir, pesantren yang didirikan KH Hasyim Asyari ini juga sedang menyelesaikan pembangunan Museum Nusantara untuk melengkapi kawasan wisata religi Gus Dur. Dalam Museum itu dikatakan Gus Sholah, nantinya akan banyak memamerkan perjuangan ulama baik dalam mensyiarkan agama islam dan juga perjuangan santri dan kyai ikut serta berperan merebut kemerdakaan bangsa Indonesia.

“Betapa begitu banyak santri dan kyai yang ikut berjuang memujudkan kemerdakaan. Tidak seperti yang diperjuangkan kelompok Mujahidin sekarang ini,” ungkapnya seraya meminta menyampaikan perkembangan pembangunan Musium kepada Presiden.

Gus Sholah berharap pemerintah ikut membantu agar pembangunannya bisa cepat selesai sebelum bulan Agustus mendatang. “Apalagi, Muktamar NU akan digelar di Jombang. Semoga bisa selesai dan bisa digunakan Muktamar,”tandasnya.

Hadir dalam peringatan Haul ke-5 Gus Dur, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Menteri Sosial, Khofifah Indarparansah, Menko Maritim Indroyono Soesilo dan Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, bupati Jombang Nyono Suharli W dan budayawan Zawawi Imron dan juga putri ke dua Gus Dur, Inayah Wahid.

Selain tiga Menteri dan Gubernur Jatim, ribuan warga juga membanjiri Haul mantan presiden RI ke 4 itu. Mereka nampak memenuhi halaman pesantren. Bahkan Jalan Raya depan pesantren Tebuireng nampak dipadati pengunjung, sehingga terpaksa ditutup, mereka rela duduk di atas aspal untuk mendengarkan pidato dan ceramah dari budayawan Zawawi Imron.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: