1000 Anggota Banser Amankan Haul Ke-6 Gus Dur di Jombang

Jombang, Perhelatan Haul Ke-6 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mendapat banyak perhatian dari berbagai elemen, mulai dari organisasi masyarakat (Ormas), lembaga pemerintahan sampai tim pengamanan termasuk Banser (Barisan Ansor Serbaguna). Kendati demikian, juga disebabkan kehadiran Jusuf Kalla, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) yang juga akan turut hadir menyukseskan peringatan haul tersebut.

H Zulfikar Damam Ikhwanto, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Jombang mengatakan, hasil rapat koordinasi dengan Kodim Jombang, pihaknya akan menerjunkan sekitar 200 Banser. Namun angka itu tidak menutup kemungkinan terus bertambah dari berbagai utusan kota di Jawa Timur hingga diperkirakan akan mencapai 1000 anggota Banser.

“Sukarelawan pengamanan dari Banser, baik dalam kota maupun luar kota turut berdatangan, sehingga jumlahnya sulit diperhitungkan, bisa mencapai 1000-an. Semisal dari Lamongan, Kediri, Kota Batu, Mojokerto, Pasuruan, Malang, Nganjuk, Madiun, Bojonegoro termasuk Sidoarjo,” jelasnya, Jum’at (25/12).

Sementara untuk pembagian tugas dan lokasi yang harus dijaga terdapat dua ring, sebagian Banser harus mengawal para kiai menuju lokasi perhelatan dan sebagian Banser yang lain berada di depan Pabrik Gula (PG) Cukir, jalan raya yang mempertemukan antara perkotaan daerah selatan dengan daerah utara seperti Kabupaten Sidoarjo dan Surabaya. 

“Untuk Banser kita siapkan di ring dua, sebagian kita siapkan pengawalan para kiai ke lokasi besok (red: sekarang). Mulai pukul 07.00 WIB pagi kita plot 10 sampai 30 personel untuk sterilisasi di depan pondok, parkir undangan di Pondok Madrasah Qur’an (MQ)  sama di PG Cukir,” ungkapnya. (Syamsul Arifin/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)