20 Grup Ramaikan Festival Al-Banjari IPNU-IPPNU Sidoarjo

Sidoarjo, Sekitar 20 grup terbang atau rebana Al-Banjari dari perwakilan 18 kecamatan di Sidoarjo serta 2 dari perguruan tinggi, yakni Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) dan Universitas Sunan Giri (Unsuri), mengikuti festival Al-Banjari.

Festival tersebut diadakan oleh Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Sidoarjo di halaman kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, Perum Puri Airlangga Blok Q No. 5-6 Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (10/7) malam.

Ketua PC IPNU Sidoarjo M Syaikhul Ma’arif mengatakan, acara festival ini merupakan hasil kerja sama antara DKC Garda Bangsa dengan PC IPNU-IPPNU Sidoarjo.

“Festival kali ini merupakan kegiatan yang ke-8. Tahun ini berbeda dengan tahun lalu karena panitia menambahkan satu event yakni lomba musik patrol yang akan diadakan Sabtu (11/7) malam,” jelas Ma’arif.

Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah atau yang populer disapa Abah Ipul berharap, dengan festival Al-Banjari ini dapat menumbuhkan partisipasi masyarakat. Menurutnya, dengan kegiatan ini, seni tradisional Al-Banjari dan musik patrol dapat terpelihara dengan baik.

“Festival ini diharapkan mampu menjadikan suatu tatanan pemerintah yang demokratis. Selain itu mampu meningkatkan keimanan serta meningkatkan kader yang bertaqwa kepada Allah SWT,” kata Abah Ipul.

Acara pembukaan festival Al-Banjari kemudian ditandai dengan pemukulan terbang Al-Banjari oleh Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, ketua PC IPNU Sidoarjo dan ketua PC IPPNU Sidoarjo. (Moh Kholidun/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: