69 Judul Ikuti Kompetisi Film Pendek Dokumenter

Jakarta, NU Online
Sebanyak 69 judul film mengikuti kompetisi film pendek dokumenter yang diselenggarakan Panitia Muktamar NU ke-33 Jombang 2015. Keenam puluh sembilan judul itu terkumpul dari tanggal 20 Juni hingga 10 Juli 2015.

Tim kreatif muktamar NU Hamzah Sahal mengatakan bahwa jumlah peserta melebihi target.  “Kami menargetkan 30 judul film yang masuk. Tapi ternyata ada 69 judul film. 

Kami berterima kasih atas partisipasi kalangan muda. Dan yang lebih membahagiaakan, event ini tidak hanya diikuti oleh kalangan Nahdliyin, tapi juga ada dari Muhamadiyah dan nonmuslim,” jelas Hamzah Sahal, di kantor PBNU,Jakarta, Kamis (23/7). 

Sebetulnya, kata Hamzah, ada 73 judul film, tapi yang empat judul masuk setelah batas akhir penerimaan. Jadi, batal dengan sendirinya. 

Dia menjelaskan, 69 judul film karya melibatkan tidak kurang dari 75 sutradara muda yang berasal dari 13 provinsi. Jawa Tengah, Tawa Timur, Nanggroe Aceh Darussalam, Daerah Istimewa Jogjakarta paling banyak mengirimkan karya. 

“Kota-kota saat kita mengadakan sayembara logo tidak turut serta, dalam kompetisi film ini mengikuti. Bahkan kota-kota yang boleh dibilang tidak akrab dengan NU seperti Pidie, Gowa, Pangkalpinang, dan lain-lain, ikut dalam lomba ini,” tambah Hamzah yang ditugasi syiar muktamar untuk kalangan muda.

Dari 69 karya akan dipilih 15 karya masuk nominasi. Selanjutnya dewan juri yang terdiri dari Nurman Hakim, Bebi Hasibuan, Bowo Leksono, Aman Sugandi, akan menentukan pemenang pertama, kedua, dan ketiga, dengan hadiah total 45 juta. “Rapat penentuan juara akan dilakukan hari ini di gedung PBNU,” pungkasnya. (Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: