Ansor Bolmut Gelar Dialog Kepemudaan

Bolaang Mongondow,
Di tengah hantaman serangan ideologi impor radikal yang dikhawatirkan bisa menyebabkan degradasi nilai komitmen pemuda terhadap nilai-nilai kebangsaan, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bolaang Mongondow Utara menggelar dialog kepemudaan,  Jumat (30/10).

Kegiatan yang bertema Pemuda dan Komitmen Kebangsaan ini, dilaksanakan di Aula kantor camat Bolangitang Barat dengan mengundang para para tokoh pemuda yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Sejumlah materi yang dibahas diantaranya Penanganan Tindak Kriminal di Kalangan Pemuda, disampaikan oleh fihak kepolisian, Pemuda dan Peran Sosial oleh Imaduddin Guhung dan Pencegahan Masuknya Paham Radikal di Kalangan Pemuda oleh Ketua Tanfiziyah NU Kab. Bolmong Utara.

Acara diawali oleh sambutan Ketua Panitia, Abdul Sadam Mokoolang yang merupakan salah satu kader Ansor, sementara itu sambutan sekaligus orasi kepemudaan oleh Ketua PC Ansor Kabupaten Bolaang Mongondow Utara diwakili oleh Ridwan Lasamano, Ketua PAC Ansor Kec. Bolangitang Barat sekaligus Satkorcab Banser Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Ketua PC Ansor Donal Lamunte tidak sempat hadir karena menghadiri acara  pra kongres di Makassar.

Camat Bolangitang Barat yang dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa pemuda sebagai salah satu komponen bangsa yang harus dibentuk mentalnya dari sekarang karena mereka akan menjadi pemimpin di masa depan.

Sementara itu materi tentang penanganan tindak kriminal di kalangan Pemuda yang dibwakan oleh Kapolsek Rural Bolangitang, menyampaikan beberapa hal tentang penyebab tingginya angka kriminal di kalangan pemuda dan cara penanggulangannya.

Materi pencegahan masuknya faham radikal pada generasi muda yang disampaikan oleh ketua Tanfiziyah NU Bolmong Utara membahas tentang isu- isu radikalisme yang sasarannya adalah para generasi muda yang masih rentan dan labil.

Materi pemuda dan peran sosial disampaikan oleh Imaduddin Guhung, berbicara tentang rentetan sejarah peran pemuda dalam perjuangan bangsa yang dimulai pada tahun 1928 hingga kini.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para Kader Ansor dan anggota Banser Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, para Kader NU, melibatkan perwakilan OSIS di beberapa SMA di Bolaang Mongondow Utara dan undangan lain  (Ridwan Lasamano/Mukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: