Ansor Padangpariaman: Tindak Tegas Perusak Kerukunan Antaragama!

Padangpariaman, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Padangpariaman siap mendukung setiap tindakan tegas terhadap pihak yang merusak kerukunan umat beragama. Kondisi kehidupan beragama yang selama ini berjalan tentram dan damai di Kabupaten Padangpariaman harus dipertahankan.

Hal itu disampaikan Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Padangpariaman Zeki Aliwardhana, Selasa (13/10) malam di ruangan rapat  Kantor DPRD Padangpariaman, di Pariaman, pada Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kabupaten Padangpariaman bersama tokoh masyarakat, tokoh agama dan SKPD terkait.

“Tindakan antisipasi melalui pertemuan ini patut diberikan apresiasi. Sehingga tidak sampai terjadi hal-hal yang melanggar hukum dan mengganggu ketentraman  di tengah masyarakat. Ansor sebagai organisasi pemuda selalu menjunjung keberagaman di NKRI ini,” tambah Zeki mantan Sekretaris PMII Kota Pariaman ini.

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut antara lain menghasilkan kesepakatan; pertama, menyikapi kejadikankonflik tentang kerukunan hidup beragama yang terjadi di Aceh Singkil. Kedua, diharapkan masyarakat tidak terpengaruh terprovokasi atas kejadian tersebut. Ketiga, seluruh unsur terkait berkewajiban melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak terpengaruh atas kejadian di Aceh Singkil. Keempat, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Padangpariaman telah secara rutin melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terhadap kegiatan kerukunan umat beragama.

“Demikian kesepakatan bersama ini kami nyatakan untuk dapat ditindaklanjuti secara berjenjang,” tulis pernyataan yang ditandatangani Asisten I Bupati Padangpariman Anwar M.Si, Ketua DPRD Padangpariaman  Faisal Arifin, Dandim 0308/Pariaman Letkol. Kemudian Persada Alam, Kapolres Padangpariaman AKBP Rudy Yoelianto, SIK, MH, Ketua MUI Padangpariaman Dr. Zainal Tk. Mudo, Kepala Kemenag Masri Chan, Pendeta BKKP Fagri Hia, Dewan Gereja Katolik Johanes Nasbaho, Kakan Kesbangpol Padangpariaman Yusmanda, SE, MPd, Mewakili Ketua Pengadilan Eri Sofyan, dan Ketua Gerakan Pemuda Ansor Padangpariaman Zeki Aliwardana.  

Dandim 0308/Pariaman Letkol. Persada Alam, juga mengakui kondisi di Padangpariaman masih berjalan harmonis. Untuk itu, setiap pimpinan agama dan tokoh masyarakat agar bersama-sama dapat menyampaikan kepada jamaah dan keluarganya betapa pentingnya menjaga harmonisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Faktanya, Indonesia merupakan bangsa yang besar. Memiliki banyak suku bangsa, berbeda agama dan budaya yang sangat beragam dari Sabang hingga Merauke. Di satu sisi hal itu menjadi potensi dalam pembangunan bangsa, namun di sisi lain keberagaman tersebut juga rawan terjadinya konflik. Untuk itu sangat dibutuhkan saling menghormati satu sama lain sehingga terwujud keharmonisan dan ketentraman bersama,” kata Persada. (Armaidi Tanjung/Fathoni)

Keterangan foto: Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Padangpariaman Zeki Aliwardhana, Selasa (13/10/2015) malam sedang menyampaikan pandangannya dalam Forkopinda.

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: