Ansor Pasaman Toreh Sejarah Baru

Pasaman, NU Online
Gerakan Pemuda Ansor Cabang Kabupaten Pasaman menoreh sejarah baru dengan melakukan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) I yang melibatkan generasi muda nahdiyin di kabupaten paling utara Propinsi Sumatera Barat. PKD yang berlangsung selama dua hari, Sabtu-Ahad(26-27/9/2015) di aula Kantor Camat Padang Gelugur.

Tampil sebagai instruktur Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor  Saleh Ramli dan Khoirul Anwar serta  dihadiri anggota Tim Careteker PW GP Ansor Sumbar Zeki Aliwardana.  

Menurut Saleh Ramli, PKD Gerakan Pemuda Ansor ini penting dilakukan untuk konsolidasi organisasi. Semangat peserta yang mengikuti PKD ini cukup potensial dalam mengembangkan Ansor ke depan di Kabupaten Pasaman.

“Sebagaimana kebijakan PP GP Ansor, setiap pengurus Cabang GP Ansor di kabupaten/kota harus sudah mengikuti PKD yang instrukturnya dari pusat (PP GP Ansor). Mereka yang belum mengikuti PKD, jangan harap bisa menjadi pengurus Ansor di kabupaten/kota,”  kata Saleh Ramli.

Sementara itu, Ketua Panitia PKD PC GP Ansor Kabupaten Pasaman Asrial Arfandi Hasan menyebutkan, pelaksanaan PKD ini merupakan upaya menunjukkan eksistensi generasi muda di Pasaman agar dapat berbuat lebih baik di tengah masyarakat. 

“Selama ini kepengurusan Ansor yang terbentuk tidak melalui pengkaderan yang jelas. Sehingga militansinya dalam mengurus organisasi masih sangat lemah,” kata Asrial yang juga Camat Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman ini.

Dikatakan Asrial, secara potensi kawasan Kabupaten Pasaman banyak yang praktek keagamaannya sehari-hari sudah sesuai dengan Nahdlatul Ulama. Namun mereka selama ini tidak terayomi dengan baik. 

“Untuk itu, Ansor sebagai generasi muda mencoba menyamakan visi, misi dan gerakan perjuangan dalam masyarakat. Alhamdulillah sambutan generasi muda cukup antusias,” kata Asrial.

Menurut Asrial, PKD ini merupakan tonggak sejarah bangkitnya Ansor di Kabupaten Pasaman. Usai PKD ini, kita akan lanjutkan dengan pembentukan pengurusa Pimpinan Cabang Kabupaten Pasaman dan Pimpinan Anak Cabang di kecamatan-kecamatan. 

“Saya optimis Ansor ke depan di Pasaman akan terus berkembang dan diminati generasi muda. Karena Ansor tetap komit mempertahankan NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Asril alumni STPDN ini. (Armaidi Tanjung/Mukafi Niam) 

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: